Peningkatan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi fi al-fasli melalui strategi Al-Ta’bir Al-Kitaby Al-Muwajjah siswa kelas VB MINU Waru I Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Dewi (2020) Peningkatan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi fi al-fasli melalui strategi Al-Ta’bir Al-Kitaby Al-Muwajjah siswa kelas VB MINU Waru I Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Latifah_D9721101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis kalimat bahasa Arab siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti pada guru kelas VB MINU Waru I Sidoarjo menunjukkan bahwa guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran dan media kartu kata untuk menghafal mufrodat sehingga sebagian siswa masih rendah keterampilan menulisnya. Hal ini dapat diihat dari hasil pra-siklus yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa dari 31 siswa 48,38% siswa yang keterampilan menulis kalimat bahasa Arabnya mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, upaya peneliti melakukan perbaikan dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan strategi Al-Ta’bir Al-Kitaby Al-Muwajjah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Al-Ta’bir Al-Kitby Al-Muwajjah dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi Fi Al-Fasli siswa kelas VB MINU Waru 1 Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab materi FiAl-Fasli siswa kelas VB MINU Waru 1 Sidoarjo dengan menggunakan strategi pembelajaran Al-Ta’bir Al-Kitaby Al-Muwajjah?.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelti yaitu observasi, wawancara, penilaian non tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas, penerapan strategi Al-Ta’bir Al-Kitaby Al-Muwajjah dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab siswa diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 72,82 dengan kriteria cukup pada siklus II meningkat menjadi 90,22 dengan kriteria baik, dan hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 93,2 dengan kriteria amat baik. Adapun nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 83,45 meningkat menjadi 91 pada siklus II dengan kriteria amat baik, serta persentase ketuntasan keterampilan menulis kalimat bahasa Arab pada siklus I 67,74 meningkat menjadi 93,54 pada siklus II dengan kriteria amat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, DewiDlatifah17@gmail.comD97216101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, SulthonSulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan
Keywords: Keterampilan Menulis Kalimat Siswa; Bahasa Arab; Strategi Al- Ta’bir Al-Kitaby Al-Muwajjah .
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Latifah Latifah
Date Deposited: 18 Aug 2020 00:06
Last Modified: 18 Aug 2020 00:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42710

Actions (login required)

View Item View Item