Peningkatan pemahaman konsep pada materi pidato dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping di Kelas VI MI Raden Paku Cendoro Dawarblandong Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainun Nahdliyah, Emhani (2020) Peningkatan pemahaman konsep pada materi pidato dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping di Kelas VI MI Raden Paku Cendoro Dawarblandong Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emhani Ainun Nahdliyah_D07216011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman pada peserta didik kelas VI MI Raden Paku Cendoro Dawarblandong Mojokerto pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan kurang pemahaman peserta didik, konsentrasi dalam menerima pelajaran, kurang mencermati ketika guru memberikan materi. Berdasarkan hasil prasiklus dapat diketahui dari 27 peserta didik hanya 20 siswa yang tuntas KKM. Nilai rata-rata hanya 77.5 dengan persentase ketuntasan 74.0%. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Maping materi pidato pada mata pelajaran Bahasa Indonesia peserta didik di kelas VI MI Raden Paku Cendoro Dawarblandong Mojokerto, (2) Untuk mengetahui pemahaman peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Mind Maping materi pidato pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VI MI Raden Paku Cendoro Dawarblandong Mojokerto. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan kelas (PTK) Kurt Lewwin yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI MI Raden Paku Cendoro Dawarblandong Mojokerto dengan jumlah 27 peserta didik. Pengumpulan data ini melalui dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut :(1) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping berjalan sesuai dengan perencanaan. Pada siklus I skor hasil observasi aktivitas guru adalah 88.3 ( Sangat Baik) dan pada siklus II meningkat 96.6 (Sangat Baik). Sedangkan skor hasil observasi aktivitas peserta didik adalah 78.3 (Cukup Baik) dan pada siklus II meningkat 86.6 (Baik). Peningkatan pemahaman konsep pada materi pidato mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 83.3 (Baik) dan skor persentase ketuntasan belajar peserta didik 85.1 %. Mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 87.4 (Baik) dan skor persentase ketutasan hasil belajar peserta didik 92.5% (Sangat Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainun Nahdliyah, Emhaniemhaniainunnahdliyah@gmail.comD07216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharoti--2006067301
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pemahaman Konsep; Pidato; Mind Mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Emhani Ainun Nahdliyah
Date Deposited: 22 Aug 2020 22:12
Last Modified: 22 Aug 2020 22:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42812

Actions (login required)

View Item View Item