Perancangan taman festival seni dan budaya Bali dengan pendekatan Iconic

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hawari, Ahmad Fariz (2020) Perancangan taman festival seni dan budaya Bali dengan pendekatan Iconic. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fariz Hawari_H03216002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bali merupakan pulau yang kaya akan seni dan budaya,terutama pada sektor fasilitas pertunjukan seni. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa Bali masih memiliki masalah dalam sektor tersebut. Beberapa masalahnya diantara lain adalah kurangnya jumlah sarana dan prasarana pementasan kesenian,belum memiliki gedung kesenian yang representatif,dan fasilitas pada gedung pertunjukan yang sudah ada kurang memadai. Untuk itu perancangan taman festival seni dan budaya bali dengan pendekatan iconic diharapkan dapat menjadi solusi akan permasalahan tersebut. Perancangan ini menggunakan pendekatan iconic dengan implementasi prinsip desain dewata nawa sanga yang merupakan nilai kepercayaan masyarakat bali yang telah diterima secara historis dan merepresentasikan karakter masyarakat sekitar. Prinsip desain dewata nawa sanga yang di implementasikan antara lain asta kosala kosali atau kaidah penataan massa bangunan kuno bali,tri mandala atau optimalisasi fungsi,tri hita karana yaitu keseimbangan kosmologis,tri angga hirarki tata nilai,sanga mandala orientasi kosmologis,natah konsep ruang luar,kajah kangin dan kelod yang merupakan sumbu suci antara gunung dan laut,kejujuran material,kejujuran struktur,dan perhitungan sakral. Pada bagian akhir di harapkan hasil perancangan dapat mengatasi masalah masalah yang terjadi pada masyarakat dengan rancangan beserta pendekatan arsitektur yang telah di terapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hawari, Ahmad Farizhawarifariz@gmail.comH03216002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhamad, Ratodim.ratodi04@gmail.com2004038102
Thesis advisorSyariah, Arfianinisya27@yahoo.com198302272014032001
Subjects: Teknik Sipil
Keywords: Seni dan budaya bali; gedung pertunjukan; pendekatan iconic; desain iconic.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ahmad Fariz Hawari
Date Deposited: 21 Aug 2020 10:50
Last Modified: 21 Aug 2020 10:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42832

Actions (login required)

View Item View Item