Implementasi metode suku kata dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Mamba’ul Hisan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Lutfiatus Zahrotul (2010) Implementasi metode suku kata dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Mamba’ul Hisan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfiatus Zahrotul Ulfa_D98216069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang banyak Sekolah Dasar pada beberapa tahun ini memberikan prasyarat ketika anak akan memasuki pendidikan SD. Sekolah mengadakn tes keterampilan membaca. Padahal membaca bukanlah tujuan utuma dalam penyelanggaran Pendidikan Taman Kanak-Kanak , akan tetapi menambah alasan mengapa membaca sejak dini itu penting. Maka yang dilakukan oleh RA Mamba’ul Hisan Surabaya yaitu dengan menerapkan metode suku kata untuk meningkatkan keterampilan membaca anak usai 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode suka kata dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Mamba’ul Hisan Surabaya. Selain itu peneliti ingin mendeskripsikan tingkat perkembangan membaca anak usai 4-5 tahun di RA Mamba’ul Hisan Surabaya dan mendeskripsikan kelebihan maupun kelemahan metode suka kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Mamba’ul Hisan Surabaya. Penelitian tersebut menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai pendekatan penelitian. Subjek penelitian guru kelas A1, A2, A3 dan siswa kelompok A, yang terdiri dari A1 19 siswa, A2 17 siswa, A3 17 siswa. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawanara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Penerapan metode suka kata berjalan dengan baik, presentase keterampilan membaca dari kelas A1 adalah 80%, A2 50%, A3 75%. Peningkatan perkembangan membaca kelas A1 dari 19 siswa yang sudah lancar membaca 15 siswa, kelas A2 dari 17 siswa yang sudah lancar membaca 14 anak, dan kelas A3 yang sudah lancar membaca 15 anak dari 17 siswa. (2) Implementasi pelaksanaan membaca menggunakan buku “Ayo Belajar” yang terdiri dari 3 jilid. Siswa membaca secara bergantian, guru memberitahu suku kata inti, kemudian menunjuk suku kata secara bergantian, ketika anak sudah lancar dalam membaca biasanya guru menunjuk secara acak. (3) Kelebihan dari metode suka kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anka usai 4-5 tahun adalah sebagai berikut: mempercepat dan mempermudah siswa dalam proses belajar membaca permulaan karena metode ini tidak mengeja namun langsung membaca per suku kata, menambah pembendaharaan kata. Sedangkan kelemahan metode suku kata adalah siswa kurang mengenal huruf tunggal atau huruf abjad, ruangan kelas yang digabung menjadi dua kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Lutfiatus Zahrotulluphe997@gmail.comD98216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, Azizyahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Keywords: Metode suka kata; Kemampuan membaca permulaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lufiatus Zahrotul Ulfa
Date Deposited: 21 Aug 2020 10:58
Last Modified: 21 Aug 2020 10:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42953

Actions (login required)

View Item View Item