Tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran retribusi kebersihan di Pasar Keputran Utara Tegalsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hoirumnisak, Hoirumnisak (2020) Tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran retribusi kebersihan di Pasar Keputran Utara Tegalsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hoirumnisak_C02216027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab pertanyaan: 1. Bagaimana praktik pembayaran retribusi kebersihan di Pasar Keputran Utara Tegalsari Surabaya? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembayaran retribusi kebersihan di Pasar Keputran Utara Tegalsari Surabaya?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Selanjutnya data disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni tentang praktik pembayaran retribusi kebersihan oleh PD Pasar Surya Surabaya kepada pedagang pasar Keputran Utara Tegalsari surabaya, kesimpulan diambil melalui komparatid dan deduktif. Dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik pembayaran retribusi kebersihan di pasar Keputran Utara Tegalsari Surabaya. Setiap hari petugas PD Pasar Surya memungut retribusi kebersihan pasar dengan cara menagih ke stand-stand pedagang secara bergilir dari pukul 20.00 Wib sampai selesai. Kemudian petugas kebersihan akan datang membersihkan stand-stand pedagang dan area pasar. Dalam perjanjian antara pedagang dengan petugas PD Pasar Surya, pedagang wajib membayar segala bentuk pelayanan pasar hanya ke petugas PD Pasar Surya tetapi pada kenyataannya padagang juga membayar uang tambahan retribusi kebersihan ke petugas kebersihan namun tindakan ini dilakukan atas inisiatif pedagang pasar sendiri. Apabila dilihat dari hukum islam, transaksi ini sudah memenuhi rukun dan syarat ija>rah sehingga transaksi ini sesuai dengan hukum Islam. Pada akhir penulisan skripsi ini, penulis menyarankan agar petugas PD Pasar Surya lebih optimal lagi dalam memberikan pelayanan pasar kepada pedagang di pasar Keputran Utara Tegalsari Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hoirumnisak, Hoirumnisakhoirumnisak@gmail.comC02216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJailani, Imam Amrusisriamrusi@yahoo.co.id2003017002
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Retribusi Daerah
Keywords: Tinjauan hukum Islam; Retribusi kebersihan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hoirum Nisak
Date Deposited: 26 Aug 2020 14:44
Last Modified: 26 Aug 2020 14:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43195

Actions (login required)

View Item View Item