فعالية تطبيق نموذج التعاونيّ "فكّر وزوّج ونقّش" Think-Phair-Share بوسيلة التعليم Pop-up Book في تعليم مهارة الكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية واحد سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Amalia Miftahatul (2020) فعالية تطبيق نموذج التعاونيّ "فكّر وزوّج ونقّش" Think-Phair-Share بوسيلة التعليم Pop-up Book في تعليم مهارة الكلام لطلاب الفصل الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية واحد سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Miftahatul Ummah_D92216059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo khususnya kelas VIII peneliti menemukan beberapa permasalahan siswa dalam pembelajaran bahasa arab. Khususnya dalam keterampilan berbicara. Diantaranya disebabkan karena berbagai latar belakang siswa yang berbeda, sebagian dari mereka lulusan dari sekolah MI dan sebagian dari mereka juga lulusan dari SD, baik swasta maupun negeri. Sebagian besar dari mereka belum pernah belajar bahasa arab dan mereka menganggap bahwa bahasa arab itu pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga mereka takut dan kurang percaya diri untuk menerapkan beberapa kosa kata yang mereka miliki. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Think-Phair-Share dengan menggunakan Media Pop-Up Book pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas VIII. Adapun tujuan dari peneliti ini adalah : (1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think-Phair-Share dengan menggunakan Media Pop-Up Book (3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Think-Phair-Share dengan menggunakan Media Pop-Up Book pada pembelajaran keterampilan berbicara kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan tes. Dan sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VIII A MTsN Sidoarjo. Adapun hasil dari penelitian ini adalah t0 lebih besar dari tt yaitu 9,73 > 1,699 dan ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara setelah menerapkan model pembelajaran Think-Phair-Share dengan menggunakan Media Pop-Up Book.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Amalia MiftahatulMitaa8223@gmail.comD92216059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholehan, Sholehansholehan41159@gmail.com2004115901
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah78@gmail.com2012067802
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Model kooperatif think paire share; Media pop-up book; Ketrampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Amalia Miftahatul Ummah
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:12
Last Modified: 26 Aug 2020 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43197

Actions (login required)

View Item View Item