Sejarah kesenian Tari Glipang di Pobolinggo tahun 1964 -2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Nurul (2020) Sejarah kesenian Tari Glipang di Pobolinggo tahun 1964 -2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Maghfiroh_A92216146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ‘’Sejarah Kesenian Tari Kiprah Glipang di Probolinggo Tahun 1964-2019’’. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi, (1) Bagaimana Sejarah Tari Glipang di Kabupaten Probolinggo ? (2) Bagaimana Perkembangan Tari Glipang di Probolinggo ? (3) Apakah Nilai-nilai yang terkandung dalam Tari Glipang ? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Historis. Pendekatan Historis yaitu suatu langkah atau cara untuk merekontruksi dan menggambarkan suatu peristiwa di masa lampau secara sistematis dan objektif dengan menggunakan bukti-bukti sejarah yang ada. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu adalah Teori Budaya yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Terbentuknya kesenian Glipang berawal dari Mbah Sandari yang mengembangkan Tari Topeng Gethak tidak berhasil. Dilanjutkan anaknya bernama Sari Truno dengan menggabungkan beberapa unsur kesenian yang baru agar di terima masyarakat, akhirnya terciptalah kesenian Tari Glipang di Probolinggo. (2) Perkembangan Tari Glipang di Probolinggo dari tahun ketahun mengalami naik turun, hingga saat ini di tahun 2019 mengalami penurunan dan semakin dilupakan. (3) Nilai-nilai dalam tari Glipang tersebut yaitu : Nilai Islam meliputi amar ma‟ruf nahi mungkar, pembelajarah Akhlaq, Berbudi luhur. Nilai Nasionalisme meliputi : Mengajari cinta tanah air, bela negara, mendidik generasi-generasi yang siap tangkas dan berkwalitas .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Nurulnurulmaghfiroh846@gmail.comA92216146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnu--196808062000031003
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Sejarah
Keywords: Sejarah kesenian; Perlawanan Bangsa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nurul Maghfiroh
Date Deposited: 29 Aug 2020 02:48
Last Modified: 29 Aug 2020 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43256

Actions (login required)

View Item View Item