Pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMK Darul Hidayah Tirtoyudo kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofa, Ning Fina Inayatus (2020) Pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMK Darul Hidayah Tirtoyudo kabupaten Malang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ning Fina Inayatus Sofa_F02318100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, karena dengan dengan motivasi belajar yang baik akan menunjukkan hasil yang baik. terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, adapun salah satunya yakni penggunaan media dalam proses pembelajaran. Google classroom merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara online. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Di SMK Darul Hidayah Tirtoyudo Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian experiment,subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Darul Hidayah kelas X. Objek yang diteliti adalah penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI. Alat pengumpulan data yaitu skala sikap model rating scale. Sedangkan teknik analsis data menggunakan ujipaired sample T-test. Berdasarkan uji statistik T-paired diperoleh nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (sesudah diberikan treatment) yaitu -13,733 dengan standar deviation 11,744. Dan didapatkan nilai Signifikan (2-tailed) 0,000 maka Ha diterima dan H0 di tolak yang artinya ada perbedaan yang signifikan terhadap pretest dan postest. Jadi disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan google classroom terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SMK Darul Hidayah Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofa, Ning Fina Inayatusfinainayatussofa@gmail.comF02318100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Google Classroom; Motivasi Belajar; Mata Pelajaran PAI.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NING FINA INAYATUS SOFA
Date Deposited: 04 Sep 2020 02:59
Last Modified: 04 Sep 2020 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43541

Actions (login required)

View Item View Item