تطوير الاختبار النهائي على درس المطالعة بمعهد المودّة الإسلامي للبنات فونوروكو للسنة الدراسي 2019-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarriroh, Afifatul (2020) تطوير الاختبار النهائي على درس المطالعة بمعهد المودّة الإسلامي للبنات فونوروكو للسنة الدراسي 2019-2020. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatul Mubarriroh F02618231.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ujian akhir merupakan kegiatan untuk mengukur dan mengevaluasi kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk semua mata pelajaran. Penelitian ini di fokuskan pada ujian yang bertujuan untuk mengembangkan produk soal berupa soal ujian akhir bahasa arab yang difokuskan pada pelajaran al-Muthola’ah untuk MA kelas 12. Penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan kualitas buir soal ujian tersebut. Tujuan Evaluasi dan Prinsip-Prinsip Evaluasi. Pembelajaran Tujuan utama evaluasi dalam proses belajar mengajar adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai tingkat pencapaian kompetensi oleh siswa sesuai indikator yang dirumuskan(tujuan instruksional) sehingga dapat diupayakan tindak lanjutnya. Model penelitian yang digunakan yakni model Research and Development (RnD) ADDIE yang meliputi 5 step. Metode pengumpulan data berupa tes dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar validasi dan lembar jawaban siswa pada uji coba skala kecil. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peneliti telah berhasil mengembangkan produk soal ujian bahasa arab pada mata pelajaran Muthola’ah untuk MA kelas XII berdasarkan hasil validasi produk dari ahli materi dan ahli media sehingga soal tesebut dapat di aplikasikan, (2) setelah dilakukannya pengembangan maka peneliti berhasil megevaluasi kualitas soal yang sudah dikembangkan dengn menggunakanan 4 penilian yaitu berdasarkan validitas soal, reliablitas soal, daya sukar soal serta daya pembeda soal. Sehingga dapat diketahui bahwasannya tingkat validitas dan reliabilitas yang sangat bagus sedagkan untuk daya tingkat kesukarandari 27 soal terdapat 1 soal yang bersifat sangat mudah, 6 soal bersifat mudah, kemudian 17 soal bersifat cukup dan 2 soal bersifat sulit. Kemudian untuk daya pembeda soal diketahui terdapat 2 soal yang memiliki daya.pembeda.yang.baik.dan 25 soal dengan .daya .pembeda yang.sangat.baik. Dari penelitian ini dapat diketahui adanya peningkatan kualitas soal yang mempengaruhi meningkatknya nilai murid pada soal yang telah dikembangkan yaitu sebesa 0,8. Sehingga soal tersebut dapat di aplikasikan untuk pembelajaran Al-Muthola’ah selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarriroh, Afifatulafifatulmubarriroh@gmail.comF02618231
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi.sby@gmail.com2020027401
Thesis advisorYusuf, KamalUNSPECIFIED2006067901
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Evaluas: Soal Ujian
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mubarriroh Afifatul
Date Deposited: 07 Sep 2020 11:18
Last Modified: 29 Sep 2020 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43673

Actions (login required)

View Item View Item