الكلام الإنشائي الطلبي في سورة طه (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Salsabila (2020) الكلام الإنشائي الطلبي في سورة طه (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila_A91216094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam ilmu balaghah, kalam insya’I adalah perkataan yang tidak bisa dikatakan bagi penuturnya benar atau salah. Kalam insya’I terbagi menjadi dua macam, yaitu kalam insya’ I thalabi dan kalam insya’I ghairu thalabi. Kalam insya’I thalabi adalah perkataan yang mengandung tuntutan atau permintaan kepada lawan bicara. Sedangkan, kalam insya’I ghairu thalabi adalah perkataan yang tidak mengandung tuntutan atau permintaan kepada lawan bicara. Kalam insya’I thalabi dibagi menjadi lima jenis yaitu al-amr (perintah), al-nahyi (larangan), istifham (pertanyaan), at-tamanniy (pengandaian), dan an-nida’ (seruan). Adapun secara makna kalam insya’I thalabi memiliki makna hakiki (sebenarnya) dan ghairu hakiki (tidak sebenarnya). Dari makna inilah kita dapat memahami maksud dari perkataan orang kepada kita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis dan makna kalam insya’I thalabi dalam surat Thaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumen yang ada, yakni mushaf Al-Qur’an surat thaha. Setelah dilakukan analisis dokumen, ditemukan7١ ayat yang mengandung kalam insya’I thalabi dalam surat thaha dengan ٥ jenis yang berbeda yaitu al-amr (perintah) ٣١ ayat, al-nahyi (larangan) ١١ayat, istifham (pertanyaan) ١٥ ayat, at-tamanniy (pengandaian) ٢ ayat, dan an-nida’ (seruan) ١٢ ayat. . Adapun makna-makna pada surat thaha tersebut yaitu: iltimas, du’a, irsyad, I’tinas, tahdid, tahqir, amr, taubikh, ta’ajub dan tasywiq.
Kata kunci :Kalam insya’i, Surat Thaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Salsabilasalsabila.1898@gmail.comA91216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanburhandjamaluddin068@gmail.com2021125501
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kalam insya’i; Surat Thaha.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Salsa bila
Date Deposited: 07 Sep 2020 23:32
Last Modified: 07 Sep 2020 23:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43705

Actions (login required)

View Item View Item