Sejarah Masuknya Islam ke Suku Tengger Surorowo Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Muhammad Riza (2020) Sejarah Masuknya Islam ke Suku Tengger Surorowo Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Riza Umami_A02213049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan historis-sosiologis. Melalui pendekatan tersebut penulis berusaha mendeskripsikan kehidupan masyarakat Tengger Surorowo sebelum, waktu masuknya, serta setelah masuknya agama Islam. Teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah teori adaptasi kultural. Metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan melewati beberapa tahapan, yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: 1.Masyarakat Tengger Surorowo merupakan keturunan Majapahit. Mereka merupakan keturunan dari Murti dan Mujadi. Mereka adalah pelarian punggawa Majapahit yang menetap di Dusun Surorowo. selain itu, kehidupan masyarakat Tengger Surorowo pada waktu tersebut memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme yang kuat. Bahkan sampai sekarang masih kuat untuk kepercayaan animisme dan dinamisme. 2.Keagamaan masyarakat Tengger Surorowo sebelum datangnya agama Islam adalah Hindu. mereka melakukan kegiatan keagamaan Hindu serta kegiatan adat Tengger. 3.Agama Islam datang ke Tengger Surorowo melalui jalur pendidikan dan pernikahan. Para pembawa agama Islam menyesuaikan cara penyebaran agama Islam dengan kehidupan serta kepercayaan masyarakat Tengger Surorowo. Setelah datangnya agama Islam tercipta kebudayaan baru disana. Yaitu kebudayaan yang bernuansa Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Muhammad RizaPumetoo@gmail.comA02213049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Mohammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: masuknya Islam ke suku tengger; penyebaran Islam.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Muhammad Umami
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:18
Last Modified: 14 Sep 2020 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43808

Actions (login required)

View Item View Item