Pengaruh laba bersih, arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ 45 tahun 2016-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Enggar Ika (2020) Pengaruh laba bersih, arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks LQ 45 tahun 2016-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Enggar Ika Farida_G72216031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam era globalisasi seperti sekarang, pasar modal berperan penting untuk kemajuan perekonomian Negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh laba bersih, arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di indeks likuid 45 periode 2016-2018. Populasi penelitian diambil dari perusahaan yang terdaftar di indeks lkuid 45 selama tahun 2016-2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 34 perusahaan dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode analisis ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba bersih tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham secara parsial, sedangkan untuk arus kas operasiberpengaruh positif terhadap return saham, dan untuk arus kas investasi dan arus kas pendanaan memiliki pengaruh signifikan negatif masing-masing terhadap return saham. Tetapi secara bersama-sama variabel laba bersih, arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil ini menunjukkan bahwa kedua laporan keuangan ini saling melengkapi untuk mengetahui kondisi perusahaan, sehingga dapat dijadikan pertimbangan pengambilan keputusan bagi para investor untuk menanamkan saham. Selain itu, dengan adanya hasil pengaruh signifikan secara bersama-sama dari variabel tersebut maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai laba bersih, arus kas operasi, arus kas investasi, dan arus kas pendanaan maka akan semakin tinggi return saham.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Enggar Ikaenggarika19@gmail.comG72216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@gmail.com201603311
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Perbankan
Akuntansi
Keywords: Laba bersih; Arus kas operasi; arus kas investasi; Arus kas pendanaan; Return saham.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Enggar Ika Farida
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:05
Last Modified: 14 Sep 2020 07:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43944

Actions (login required)

View Item View Item