Eigen Value Method Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidikmisi di UINSA dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iflakhah, Mila (2020) Eigen Value Method Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidikmisi di UINSA dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila Iflakhah_H72216036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Beasiswa merupakan pemberian bantuan berupa pembiayaan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kemampuan dalam bidang akademik akan tetapi ketidakmampuan dalam perekonomian. Namun dalam pemrosesan seleksi masih sering terjadi kendala, yaitu dengan banyaknya kriteria yang harus diolah dan banyaknya data pendaftar mengakibatkan pengambilan keputusan prosesnya menjadi lama. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah pengambilan keputusan yang dapat membantu permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif pengambilan keputusan mahasiswa yang berhak mendapatkan bantuan beasiswa Bidikmisi dengan memperhatikan beberapa kriteria dan menentukan vektor prioritas menggunakan metode AHP. AHP merupakan suatu metode pengambilan keputusan untuk mengatasi permasalahan yang tidak terstruktur dalam komponen-komponennya kemudian menyusun komponen-komponen tersebut dalam suatu hirarki. Dengan penerapan metode eigen value ini diperoleh λmaks ≥ n dimana λmaks adalah nilai eigen maksimum dan n adalah ukuran matriks. Data yang diolah adalah data primer yang diperoleh dari menyebarkan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan perbandingan berpasangan untuk menentukan nilai eigen dan vektor eigen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 mahasiswa sains dan teknologi yang berhak mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa Bidikmisi adalah mahasiswa dengan kode Z1, Z2, Z5, Z7, Z10, Z19, Z20, Z21, Z23, Z29, Z32, Z35 dengan masing-masing bobot sebesar 0.3%, 0.3%, 0.3%, 0.3%, 0.4%, 0.3%, 0.3%, 0.3%, 0.3%, 0.3%, 0.3%, 0.4%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iflakhah, Milamanisputri566@gmail.comH72216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@gmail.com2004028001
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Subjects: Beasiswa
Matematika
Teknologi
Keywords: Vektor Eigen; Analitycal Hierarchy Process} (AHP); dan Nilai Eigen.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mila Iflakhah
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:45
Last Modified: 17 Sep 2020 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44045

Actions (login required)

View Item View Item