Pengaruh isu lokal terhadap elektabilitas calon pada pemilihan kepala desa di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Tommy Mandala (2020) Pengaruh isu lokal terhadap elektabilitas calon pada pemilihan kepala desa di Desa Margomulyo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tommy Mandala Putra _I71216079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan isu lokal dalam pemilihan kepala desa di Desa Margomulyo tahun 2019 menjadi penentu dalam meningkatkan elektabilitas para calon. Beragam isu muncul menjadi topik pembicaraan dikalangan masyarakat. Ada dua isu paling dominan yaitu tentang pelayanan publik dan sifat kepemimpinan Nadhif Ulfa A sebagai kepala desa terdahulu, isu tersebut menguat setelah relawan dari Arif Rahman mengangkatnya untuk meningkatkan elektabilitas Arif. Sehingga menjadi sebuah rumusan masalah isu lokal apa yang berpengaruh terhadap elektabilitas, seberapa besar pengaruhnya, dan seberapa besar elektabilitas masing-masing calon. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh isu lokal terhadap elektabilitas calon kepala desa dengan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket, populasi dari penelitian ini adalah seluruh warga dari Desa Margomulyo yang ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sampel dari penelitian ini berjumlah 98 orang dari 25 RT. Pengambilan sampel dilakukan secara Stratified random sampling (bertingkat), pengelolaan data menggunakan cara yaitu Statistical package fot the social science (SPSS versi 25.0). Dari hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa variabel pelayanan publik memiliki pengaruh terhadap elektabilitas sebesar 1,9% dan variabel sifat kepemimpinan memiliki pengaruh terhadap elektabilitas sebesar 9,3%. Sedangkan dari hasil analisis jalur menunjukkan secara langsung variabel pelayanan publik dan sifat kepemimpinan berpengaruh terhadap elektabilitas sebesar 52,9%. Dan masing-masing calon elektabilitasnya sebesar 31,6% untuk Nadhif Ulfa, 68,4% untuk Arif Rahman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Tommy Mandalatommysuksesnanti@gmail.comI71216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChalik, Abdulachalik_el@yahoo.co.id20270673303
Subjects: Politik
Keywords: Isu lokal; Pelayanan Publik; Sifat Kepemimpinan; Elektabilitas.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Tommy Mandala Putra
Date Deposited: 25 Sep 2020 23:28
Last Modified: 25 Sep 2020 23:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44222

Actions (login required)

View Item View Item