Sejarah berdiri dan perkembangan Khilafatul Muslimin Cabang Surabaya (2002-2020)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamaludin, Muhammad (2020) Sejarah berdiri dan perkembangan Khilafatul Muslimin Cabang Surabaya (2002-2020). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Jamaludin_A92216139.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah yaitu : Heuristik(pengumpulan sumber), verifikasi(kritik sumber), Interpretasi(penafsiran sumber), dan historiografi(penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Sosiologi dan menggunakan teori ashabiy atau solidaritas sosial yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun.Teoritersebut menekankan bahwa solidaritas merupakan faktor yang menyebabkan adanya hubungan dan usaha-usaha atau kegiatan bersama antar manusia. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Khilfatul Muslimin Cabang Surabaya ini resmi berdiri pada 15 Sya’ban 1430 H yang kantornya bertempat di Jl Gadel Sari Madya 1A Tandes Surabaya. Yang awalnya hanya ada struktur Kemas’ulan Surabaya Barat yang berdiri pada 7 Jumadil Ula 1423H.Latar Belakang berdirinya Khilafatul Muslimin yaitu karena ingin membuat sebuah wadah untuk umat Islam agar bersatu kembali seperti pada masa kejayaan Islam. 2) Pengelolahan Organisasi Khilafatul Muslimin Organisasi ini dikelola dengan sangat baik dari mulai struktur paling bawha Kemas’ulan hingga Amir Wilayah 3) Ajaran Khilafatul Muslimin ada Baiat atau sebuah perjanjian setia kepada pemimpin, Persatuan Umat Khilafatul Muslimin memperjuangkan kesatuan umat Islam agar tidak tercerai berai, dan Hubungan Internasional dikala Masa Damai dan Perang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamaludin, Muhammadmjamaludin133@gmail.comA92216139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sejarah
Keywords: Khilafatul Muslimin; Organisasi Islam; Faham organisasi Khilafatul Muslimin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Jamaludin
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:10
Last Modified: 06 Oct 2020 02:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44384

Actions (login required)

View Item View Item