الأفعال المزيدة و فوائدها في كتاب "متن سفينة النجا" لسالم بن عبد الله بن سعيد ابن سميرالحضرمي (دراسة صرفية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qotrunisa, Elisa (2020) الأفعال المزيدة و فوائدها في كتاب "متن سفينة النجا" لسالم بن عبد الله بن سعيد ابن سميرالحضرمي (دراسة صرفية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elisa Qotrunisa_A91216070.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian Morfologis tentang kata kerja yang memiliki tambahan dan faidahnya dalam kitab Matan Safiinah al-Najaa karya Salim bin Sumair Al-Hadramiy Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1) Apa macam-macam fi’il maziddalam kitab Matan Safiinah al-Najaa karya Salim bin Sumair Al-Hadramiy? 2) Apa faidah yang terdapat dalam kitab Matan Safiinah al-Najaa karya Salim bin Sumair Al-Hadramiy?. Tujuan pembagasan ini adalah untuk mengetahui macam-macam fi’il mazid dan faidahnya dalam kitab Matan Safiinah al-Najaa karya Salim bin Sumair Al-Hadramiy. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengkaji tentang fi’il mazid yang merupakan bagian dari ilmu sorof. Fi’il mazid yaitu fi’il atau kata kerja yang terdapat tambahan huruf selain huruf aslinya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaan kata didalam kalimat, dan dalam hal ini penulis meneliti tentang fi’il mazid yang terdapat dalam kitab Matan Safiinah al-Najaa karya Salim bin Sumair Al-Hadramiy, untuk mengetahui fungsi penggunaan fi’il-fi’il mazid dalam kitab tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian tentang fi’il mazid didalam kitab Matan Safiinah al-Najaa karya Salim bin Sumair Al-Hadramiy ini menunjukkan bahwa: 1.Macam-macam fi’il mazid dalam kitab Matan Safiinah al-Najaa ada 3 macam yaitu Fi’il mazid bi harfin, Fi’il mazid bi harfaini, Fi’il mazid bi tsalatsati ahrufin. 2.Faidah fi’il mazid yang terdapat dalam kitab Matan Safiinah al-Najaa ada 9 macam makna diantaranya yaitu, At-Ta’diyah, Ma’na Al-Mujarrod, Al-Soirurah, Al-Ittikhadz, Al-Ijtihad, Al-Muthowa’ah, At-Takalluf, Al-Musyarokah, At-Thalab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qotrunisa, Elisaelisaqotrunisa@gmail.comA91216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Morfologi
Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Af’alu Al-Mazidah; Faidah dan kitab Matan Safiinah al-Najaa.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Elisa Qotrunisa
Date Deposited: 11 Oct 2020 04:14
Last Modified: 11 Oct 2020 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44439

Actions (login required)

View Item View Item