Dasar filosofis dan konteks historis wawasan kebangsaan dalam kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Astutik, Anita Puji (2020) Dasar filosofis dan konteks historis wawasan kebangsaan dalam kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Puji Astutik_F53417023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di zaman keterbukaan informasi ini negara kita dihadapkan dengan berbagai macam ideologi ekstrem. Fenomena maraknya isu gerakan anti nasionalisme di beberapa Perguruan Tinggi menggugah pimpinan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan tindakan preventif dengan sasaran mahasiswa yang mengalami perubahan identik dengan ciri-ciri kelompok gerakan Islam radikal. Tindakan preventif lainnya adalah dengan mengoptimalkan internalisasi nilai kebangsaan dalam materi wawasan kebangsaan pada matakuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan III. Penelitian ini menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimana dasar filosofis dan konteks historis wawasan kebangsaan dalam pendidikan Muhammadiyah (2) Bagaimanakah proses perumusan materi wawasan kebangsaan Muhammadiyah dalam kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (3) Bagaimanakah internalisasi nilai kebangsaan Muhammadiyah untuk mengaktualisasikan materi wawasan kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Penelitian kualitatif ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan multidiciplinary approach. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Analisis datanya adalah proses reduksi, penyajian dan verifikasi data dengan mengecek sebuah kualitas data menggunakan teknik presistent observation dan triangulasi. Hasil penelitian ini, pertama, dasar filosofis wawasan kebangsaan dalam pendidikan Muhammadiyah merujuk pada 7 falsafah ajaran Muhammadiyah. Konteks historisnya terlihat pada konsistensi Muhammadiyah dalam memajukan bangsa. Kedua, proses perumusan materi wawasan kebangsaan diawali dengan rekonstruksi materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan III dengan PKn melalui pendekatan civic education. Peninjauan kurikulum Al Islam dan Kemuhammadiyahan III perlu dilakukan lagi sesuai dengan rumusan Muhammadiyah Darul ‘Ahdi Wa Shahadah. Ketiga, aktualisasi materi wawasan kebangsaannya melalui program amal usaha Muhammadiyah yang meliputi MDMC dan LAZIZMU serta kegiatan internal melalui UKM Hizbul Wathan, KKN Muhammadiyah Untuk Negeri, dan PKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Astutik, Anita Pujibundafahraza@gmail.comF53417023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainuri, Achmadajainuri@hotmail.com2020125103
Thesis advisorFuad, Ahmad Nurahmadnurfuad@yahoo.com2011116401
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Kurikulum
Muhammadiyah
Keywords: Wawasan kebangsaan; Internalisasi; Kurikulum; Al Islam dan Kemuhammadiyahan
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Anita Puji Astutik
Date Deposited: 10 Oct 2020 09:58
Last Modified: 10 Oct 2020 09:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44480

Actions (login required)

View Item View Item