Analisis maslah}ah mursalah pada bisnis Jasa Titip Beli (Jastip) sebagai alternatif penghasilan Generasi Milenial Di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mulia, Dezella Ikhtiary (2020) Analisis maslah}ah mursalah pada bisnis Jasa Titip Beli (Jastip) sebagai alternatif penghasilan Generasi Milenial Di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dezella Ikhtiary Mulia_G94216098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode wawancara. Informan dalam penelitian ini ialah para jastiper atau pelaku bisnis JASTIP yang merupakan generasi milenial di Sidoarjo. Data yang diperoleh pada penelitian ini juga didukung oleh literature yang relavan terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik bisnis JASTIP yang dilakukan oleh generasi milenial di Sidoarjo telah memenuhi prinsip-prinsip bisnis dalam Islam yakni customer oriented, persaingan yang sehat, transparansi dan prinsip keadilan.Praktik bisnis JASTIP yang dilakukan generasi milenial di Sidoarjo juga telah memenuhi syarat-syarat mas}lah}ah mursalah sebagaimana yang dikemukaan oleh ulama kalangan Malikiyyah dan Hambaliah, yakni bisnis JASTIP sejalan dengan prinsip bisnis dalam Islam, bisnis JASTIP memberi kemudahan pada banyak pihak yang merupakan kepentingan umum dan juga hadirnya bisnis JASTIP telah menghindarkan dari keburukan-keburuan yang diakibatkan oleh kekurangan dari bisnis online lainnya seperti produk yang tidak sesuai dengan gambar juga menghindarkan dari adanya penjualan produk berbahaya yang marak dijual pada bisnis online lain. Dari hasil penelitian yang telah disimpulkan, maka penulis memberikan saran kepada pebisnis JASTIP khususnya generasi milenial di Sidoarjo untuk terus menjalankan bisnisnya sesuai dengan prinsip bisnis Islam dan selalu mengedepankan kepentingan bersama supaya kemudahan dapat dirasakan bukan hanya oleh satu pihak saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mulia, Dezella Ikhtiarydezellamulia@gmail.comG94216098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Subjects: Bisnis
Keywords: Jasa Titip Beli (JASTIP); Generasi Milenial; Maslahah Mursalah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dezella Ikhtiary Mulia
Date Deposited: 14 Oct 2020 12:35
Last Modified: 14 Oct 2020 12:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44497

Actions (login required)

View Item View Item