Pengarusutamaan Islam Moderat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muktafi, Muktafi (2019) Pengarusutamaan Islam Moderat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muktafi_F0550855.pdf

Download (4MB)

Abstract

Islam Moderat lahir sebagai penengah dan menjaga keseimbangan dari kecendrungan-kecendrungan Islam Liberal dan radikal. Islam Indonesia bercirikan moderat, ramah kepada siapapun (smelling face). Moderatisme Islam di Indonesia direpresentasikan oleh Islam mainstream, Nahdhatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Penelitian ini menganalisis Pengarusutamaan Islam Moderat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis, untuk mencari jawaban atas pertanyaan: 1) Bagaimana konstruksi Islam Moderat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya?, dan 2) Bagaimana pengarusutamaan Islam Moderat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya? Hasil penelitian ini menyimpulkan: Pertama, Konstruksi Islam Moderat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dibangun di atas prinsip dasar; tawasut, tawazun, ta‘adul, tasamuh. Tawasut, tawazun, ta‘adul, dipahami senantiasa mengambil posisi di tengah-tengah, tidak ekstrem dalam setiap pemahaman. Tasamuh, bersikap toleran terhadap hal-hal yang bersifat furu‘iyah, bukan usuliyah, sosiologis bukan teologis. Berdakwah ber-amar ma‘ruf wa nahy ‘an al-munkar bi al-ma‘ruf, mengedepankan al-akhlaq al-karimah untuk mewujudkan Islam rah}mah li al-a‘lamin, dan 2) Dinamika pengarusutamaan Islam Moderat di MAS dilakukan dengan strategi dan langkah-langkah mengawal dakwah Islam yang rah}mah li al-‘alamin, menjunjung tinggi al-akhlaq al-karimah sesuai visi, misi dan nilai MAS, mengedepankan Amanah, Istiqamah, Uswah, Mas’uliyah dan Li Jami‘ al-Ummah). Sedangkan tipologi Islam moderat MAS adalah Islam Tradisionalis-Modernis bercorak Islam Nusantara Berkemajuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.comFO550855
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad--2007065501
Thesis advisorAziz, Moh. Ali Aziz20090657012009065701
Subjects: Islam dan Humanisme
Pendidikan > Pluralisme
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Islam Moderat; Fundamentalisme; Radikalisme; Liberalisme; Pluralisme; eksklusivisme; dan inklusivisme.
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Dr. Muktafi Sahal
Date Deposited: 25 Feb 2021 11:40
Last Modified: 25 Feb 2021 11:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44504

Actions (login required)

View Item View Item