Hubungan antara Self-Efficacy dan Hardiness dengan Optimisme Santri di Pesantren An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Faizah Fitria (2020) Hubungan antara Self-Efficacy dan Hardiness dengan Optimisme Santri di Pesantren An-Nur II Bululawang Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizah Fitria Rahmawati_J71216104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren salah satu lembaga pendidikan yang lebih condong mengajarkan nilai keagamaan namun juga memberikan ilmu pengetahuan umum sehingga pesantren memiliki sumbangsih pada dunia pendidikan. Belajar dipesantren memiliki kekhasan tersendiri bagi para santri dimana mereka belajar sekaligus tinggal dipesantren jauh dari orangtua.Dari fenomena yang ada peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada santri yang baru masuk pesantren dan mengalami berbagai masalah selama tinggal dilingkungan pesantren bagaimana mereka dapat bertahan dan tetap optimis dalam mejalankan atau melanjutkan hidupnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara variabel self-efficacy dan hardiness dengan optimisme santri di pesantren. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif korelasional. Alat pengumpulan data mengguunakan skala self-efficacy,skala hardiness dan skala optimisme. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 santri putri berusia 15 – 18 tahun dengan menggunakan metode analisis regresi berganda. Dengan hasil uji F 73,335 dengan signifikasi 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dan hardiness dengan optimisme santri di pesantren An-nur II Bululang kabupaten malang sehingga hipotesis diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Faizah FitriaFaizahvivierahmawati110@gmail.comJ71216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Keywords: Self Efficacy; Hardiness; optimisme; Santri.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Faizah Fitria Rahamwati
Date Deposited: 19 Oct 2020 11:46
Last Modified: 19 Oct 2020 11:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44655

Actions (login required)

View Item View Item