Representasi bullying dalam Film Joker: analisis semiotika Model Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atika, Fadhila Nurul (2020) Representasi bullying dalam Film Joker: analisis semiotika Model Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadhila Nurul Atika_B76216055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bullying merupakan fenomena sosial yang marak terjadi di masyarakat, fenomena ini sudah sering kita lihat hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Fenomena bullying yang terjadi di masyarakat dapat menjadi inspirasi untuk merepresentasikan fenomena bullying ke dalam sebuah film salah satu contohnya seperti film Joker oleh karena itupeneliti ingin mengetahui dan mendiskripsikan representasi bullying dalam film Joker. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis teks media dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kemudian penelitian tersebut dianalisis menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini ialah Representasi bullying dalam film Joker menggambarkan mengenai fenomena bullying yang terdapat dalam film Joker, fenomena bullying dalam film Joker pun dilakukan secara kekerasan fisik, verbal, maupun eksklusivitas. Perilaku bullying ini kemungkinan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kondisi keluarga, kondisi lingkungan sosial, kondisi teman seperkumpulan dan lain sebagainya. Penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya dan khalayak umum agar penelitian ini dapat lebih berkembang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atika, Fadhila Nurulfadhilatika98@gmail.comB76216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Thesis advisorHarianto, Rahmadrahmad.harianto@uinsby.ac.id2009057802
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Representasi; Bullying; Film.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fadhila Atika
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:31
Last Modified: 20 Oct 2020 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44656

Actions (login required)

View Item View Item