Representasi Patriotisme dalam Film Animasi Knight Kris: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawati, Novi (2020) Representasi Patriotisme dalam Film Animasi Knight Kris: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Setyawati_B76216104.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi patriotisme yang terdapat pada film animasi Knight Kris yang diproduksi oleh Viva Fantasia Animation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana sikap patriotisme digambarkan dalam film animasi Knight Kris ini. Untuk mendeskripsikan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kritis dalam bingkai Teori Representasi milik Stuart Hall dan dengan pisau Analisis Semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa representasi patriotisme yang digambarkan dalam film ini. Diantaranya adalah adanya representasi dari (1) sikap berani dan percaya diri, (2) bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan, serta (3) rela berkorban untuk menolong sesama. Melalui penelitian ini, diharapkan pesan-pesan patriotisme yang terkandung dalam Film Animasi Knight Kris ini dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawati, NoviNovisetyawati5@gmail.comB76216104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPardianto, Pardiantopardianto@uinsby.ac.id2022067303
Subjects: Film
Keywords: Representasi; Patriotisme; Semiotika Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novi Setyawati
Date Deposited: 25 Oct 2020 01:19
Last Modified: 26 Oct 2020 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44745

Actions (login required)

View Item View Item