TATHWIR AL MAWAD AL TA’LIMIYAH LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRAAH LI TALAMIDZ AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH BI MA’HAD NURUL HASAN PROBOLINGGO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yunus, Moch (2015) TATHWIR AL MAWAD AL TA’LIMIYAH LI TARQIYAH MAHARAH AL QIRAAH LI TALAMIDZ AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH BI MA’HAD NURUL HASAN PROBOLINGGO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Qira’ah memiliki berbagai macam kesulitan di level pelaksanaannya. Sebagaimana di beberapa madrasah Aliyah pembelajaran Qira’ah diajarkan bersama dengan pembelajaran Kitabah. Bahkan di beberapa madrasah aliyah dan perguruan tinggi, pembelajaran Qira’ah dijadikan bagian dari pembelajaran khithabah. Sedangkan di Madrasah Aliyah Raudlatul Muta’allimin sendiri, beberapa siswa belum mampu menguasai pelajaran Qira’ah dengan baik. Bahkan sebagian mereka belum pernah memperoleh pelajaran Qira’ah. Mereka hanya memperoleh pelajaran bahasa arab yang ditekankan pada keterampilan berbicara, membaca, menulis, dan gramatika. Permasalahan yang memicu sulitnya pembelajaran Qira’ah ini adalah belum adanya materi ajar keterampilan istima’ yang baik dan mudah dalam pengajarannya.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengembangan materi ajar yang sesuai dengan kondisi siswa dalam meningkatkan kemampuan Qira’ah kelas XI madrasah Aliyah Raudlatul muta’allimin di Pondok Pesantren Nurul Hasan Probolinggo
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses pengembangan materi ajar untuk meningkatkan kemampuan membaca, 2. Bagaimana penerapan dari pengembangan materi ajar untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa Madrasah Aliyah pada pondok pesantren Nurul Hasan probolinggo, dan 3. Bagaimana tingkat efektifitas materi ajar yang telah dikembangkan guna meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Penelitian ini dilakukan secara kualitatit- kuantitatif, dengan menggunakan Pre-tes dan Post-tes untuk mengetahui tingkat pengembangan materi ajar dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam dalam membaca teks arab secara jelas, lugas dan sesuai dengan kaidah bahasa yang baku.
Penelitian ini menghasilkan diantaranya sebagai berikut: 1. Pengembangan materi ajar untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca , 2. Dengan mengetahui hasil tes T = 22,53 yang lebih besar dari tabel T = 2, 528 dengan tingkat validitas 99,9 %, dan 3. Pengembangan materi ajar ini memiliki dampak positif yang sangat besar terhadap peningkatan materi Qira’ah sehingga siswa mampu membaca teks – teks bahasa dengan benar, jelas dan lugas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Husein Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yunus, MochUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Qira'ah
Keywords: Pengembangan Materi Ajar; Pembelajaran Qira’ah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2016 08:56
Last Modified: 04 Feb 2016 08:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4486

Actions (login required)

View Item View Item