Riligiositas Gay: kajian dramaturgi seorang gay di Gaya Nusantara Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Marini Tri (2020) Riligiositas Gay: kajian dramaturgi seorang gay di Gaya Nusantara Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marini Tri Cahyani_F52918019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti mengenai diskriminasi yang sering diberikan terhadap orang dengan orientasi seksual dan identitas gender yang berbeda dari kebanyakan orang lainnya. Orang dengan perbedaan orientasi seksual maupun identitas gender tersebut digolongkan menjadi LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). Disamping kehidupan sebagai gay, lesbi atau waria peneliti meyakini bahwa terdapat sisi kehidupan mereka yang tidak diketahui khalayak umum. Sisi kehidupan yang dimaksud adalah kehidupan religi yang dijalani. Penelitian ini mencoba mengenali dan melihat sisi lain kehidupan religi yang dijalani oleh seorang gay tersebut dengan menggunakan teori dramaturgi dan ilmu jiwa agama. Teori tersebut akan melihat bagian depan yang ditampakkan oleh seseorang dan bagaimana sisi belakang yang dimiliki orang tersebut. Bagian depan dan bagian belakang kehidupan seorang gay tersebut akan dibatasi oleh kehidupan religi yang dimiliki. Objek penelitian ini fokus kepada seorang gay yang tergabung dalam komunitas Gaya Nusantara di Surabaya. Sebuah komunitas yang peduli akan gay dan segala permasalahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan hasil dari observasi dan wawancara. Data kemudian diolah dengan melakukan kodifikasi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan atau verifikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Marini Trimariniries@gmail.comF52918019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id2018057203
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Subjects: Bahan Pustaka
Gender
Keywords: Religiositas Seorang Gay; Dramaturgi; Gay Nusantara Surabaya.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Marini tri cahyani Siswadi
Date Deposited: 05 Nov 2020 22:47
Last Modified: 05 Nov 2020 22:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44885

Actions (login required)

View Item View Item