Pesan dakwah akun Twitter NU Garis Lucu: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maria, Chelsea Sivana Sofie (2020) Pesan dakwah akun Twitter NU Garis Lucu: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chelsea Sivana Sofie Maria_B01216009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk mendeskripsikan setiap persoalaan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh data. Kemudian, peneliti juga melakukan observasi dengan meneliti postingan yang ada pada akun twitter NU Garis Lucu dengan cara mengambil gambar pada setiap postingan yang dianggap layak untuk dijadikan objek penelitian. Kemudian data tersebut di analisis menggunakan analisis semiotik Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik dokumentasi yang digunakan yakni, mengumpulkan gambar postingan yang dianggap layak untuk diteliti. Sedangkan, observasi yakni, dengan meneliti akun twitter NU Garis Lucu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, postingan yang ada akun twitter NU Garis Lucu mengandung makna pesan akidah, akhlak dan syariah. Pesan akidah dan akhlak berisi tentang makna hubungan manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan Allah SWT. Sedangkan untuk pesan syariah berisi tentang makna dari keluarga. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yakni, supaya bisa mengembangkan dan mencari wawasan yang luas mengenai penelitian dengan menggunakan analisis semiotik Roland Barthes yang lebih baik untuk dijadikan penelitian pesan dakwah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maria, Chelsea Sivana Sofiechelseasivana111@gmail.comB01216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Dakwah Media Online.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Chelsea Sivana Sofie Maria
Date Deposited: 19 Nov 2020 23:53
Last Modified: 19 Nov 2020 23:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44920

Actions (login required)

View Item View Item