Pengoraganisasian pemuda dalam Membangun Lingkungan Sehat dan Bersih di Dusun Tebanah Desa Tebanah Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Nikmatus (2020) Pengoraganisasian pemuda dalam Membangun Lingkungan Sehat dan Bersih di Dusun Tebanah Desa Tebanah Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatus Zahro_B02216042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kondisi lingkungan di Dusun Tebanah di beberapa titik terlihat kotor dan tidak sehat akibat pembuangan sampah sembarangan dan pembuangan limbah yang tak terkelola. Fokus yang diteliti ialahbagaimana strategi pengorganisasian pemuda yang tepat dalam membangun lingkungan sehat dan bersih serta relevansi antara pengorganisasian pemuda dengan dakwah Pengembangan Masyarakat Islam. Guna menjawab fokus masalah tersebut digunakan PAR (Participatory Action Research) sebagai metode penelitian. Metode PAR menekankan pada adanya partisipasi langsung dari masyarakat yang dimulai dengan melakukan inkulturasi, membangun kepercayaan, melakukan orientasi kawasan, membentuk kelompok riset, identifikasi masalah, merencanakan tindakan, mengorganisir kelompok untuk keberlangsungan program dan melakukan monitoring dan evaluasi program. Rendahnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dibuktikan dengan kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap lingkungan, tidak adanya kelompok lingkungan dan juga tidak adanya kebijakan lokal yang mengatur tentang menjaga lingkungan. Aksi yang dicapai ialah edukasi lingkungan kepada pemuda, kerja nyata aksi peduli lingkungan, pembentukan kelompok dan tersusun draft kebijakan tentang lingkungan. Relevansi dengan dakwah pengembanagan masyarakat ialah pengorganisasian pemuda sebagai upaya untuk mengajak pada kebaikan khususnya dalam menjaga lingkungan dengan cara mempengaruhi cara berfikir pemuda supaya dapat mengemukakan kesadaran dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Nikmatusnikmatuszahro77@gmail.comB02216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Lingkungan Hidup
Keywords: Pengorganisasian; Lingkungan bersih dan sehat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nikmatus Zahro
Date Deposited: 09 Nov 2020 13:30
Last Modified: 09 Nov 2020 13:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44961

Actions (login required)

View Item View Item