شخصية الأشخاص في رواية "عزازيل" ليوسف زيدان (دراسة سيكولوجية أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Safira Eka Putri (2020) شخصية الأشخاص في رواية "عزازيل" ليوسف زيدان (دراسة سيكولوجية أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safira Eka Putri Susanti_A01216049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembedaan tokoh didasarkan pada peran dan pentingnya seorang tokoh dalam cerita fiksi secara keseluruhan. Dilihat dari segi peranan atau tingkat pentingnya tokoh dalam sebuah cerita tersebut, ada tokoh yang tergolong penting dan di tampilkan terus menerus sehingga terasa mendominasi sebagian besar cerita. Tokoh yang disebut pertama adalah tokoh utama cerita (central character), sedang yang kedua adalah tokoh tambahan atau tokoh periferal (peripheral character. Kepribadian adalah pola khas dari fikiran, perasaan dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi. Masalah yang dikemukakan dalam skripsi ini meliputi dua hal, yaitu: siapa tokoh utama dan tokoh pembantu dalam novel “Azazil” karya Youssef Ziedan dan bagaimana kepribadian tokoh tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural yaitu membahas karya sastra. Data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan dari novel “Azazil” karya Youssef Ziedan tersebut. Hasil dari analisis Tokoh novel “Azazil” karya Youssef Ziedan dapat disimpulkan bahwa: terdapat 41 data yang menunjukkan bahwa tokoh utama yaitu hypa dan tokoh pembantu yaitu oktavia, hypatia dan martha. Tokoh utama dalam novel asal mesir ini yang berprofesi sebagai rahib kristen yang memiliki karakter yang berubah-ubah seiring dengan perjalanan dan peristiwa yang terjadi selama hidupnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Safira Eka Putrisafiraeps2@gmail.comA01216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Novel; Mesir; Tokoh.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: S.Hum Safira Eka Putri Susanti
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:12
Last Modified: 12 Nov 2020 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45000

Actions (login required)

View Item View Item