إعداد المواد التعليمية في تعليم اللغة العربية باستخدام لكطارا لترقية مهارة القراءة في المرحلة المتوسطة بمعهد خديجة أحمد ياني سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafshawati, Himmami (2020) إعداد المواد التعليمية في تعليم اللغة العربية باستخدام لكطارا لترقية مهارة القراءة في المرحلة المتوسطة بمعهد خديجة أحمد ياني سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmami Hafshawati _F52617199.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren Khadijah A.Yani Surabaya adalah salah satu pondok pesantren proses belajar mengajar bahasa arab dibawah naungan yayasan Khadijah Surabaya dan tujuan dari yayasan yang ditetapkan oleh kepala pondok pesantren yakni memberikan pemahaman ilmu-ilmu agama terhadap para santri dari beberapa kitab kuning yang beragam. Dan peneliti mengamati ada beberapa masalah dalam kemampuan membaca santri diantaranya, bahwa tidak ada buku ajar khusus untuk kemampuan membaca siswa, lemahnya kemampuan membaca santri dalam mengucapkan teks bacaan, dan santri tidak mampu memahami teks yang ditulis oleh pengajar dengan sebab kurangnya kosakata dan kurangnya latihan khusus dalam meningkatkan kemampuan membaca, dan kurangnya media tertentu dalam proses pembelajaran sehingga para santri kurang semangat dalam belajar bahasa arab. Setelah peneliti melihat latar belakang penelitian terdahulu, maka peneliti menentukan rumusan masalah penelitian dan tujuan penelitian ini diantaranya : 1) mengetahui langkah-langkah penyusunan materi ajar bahasa arab dengan menggunakan Lectora pada tingkat menengah pondok pesantren Khadijah A.Yani Surabaya, 2) mengetahui penerapan materi ajar bahasa arab dengan menggunakan Lectora untuk meningkatkan kemampuan membaca pada tingkat menengah pondok pesantren Khadijah A.Yani Surabaya, 3) mengetahui efektivitas materi ajar bahasa arab dengan menggunakan Lectora untuk meningkatkan kemampuan membaca pada tingkat menengah pondok pesantren Khadijah A.Yani Surabaya. Adapun Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Peneliti mengambil pendekatan eksperimental dengan melakukan pre test dan post tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) bahwa penyusunan bahan ajar bahasa arab dengan mengugunakan Lectora untuk meningkatkan kemampuan membaca pada tingkat menengah pondok pesantren Khadijah A.Yani Surabaya, membutuhkan beberapa langkah, dan langkah-langkah tersebut ada 10. 2) hasil tes penerapan yang telah dilakukan adalah 42% dengan tingkat “baik”, yakni bahwa penerapan buku ajar sangat memuaskan yakni adanya pengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca santri pondok pesantren Khadijah A.Yani Surabaya karena terdapat sedikit kesalahan terhadap kemampuan membaca santri. 3) Hasil pre-test dan post-test pada materi ajar dengan menggunakan Lectora untuk meningkatkan kemampuan membaca menunjukkan bahwa tabel “T” hitung (22.045) lebih besar dari tabel “T” (2,030). Dengan demikian, bahwa materi ajar dengan menggunakan Lectora sangat efektif dan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca santri. Keefektifan ini juga didukung terhadap hasil wwancara dan hasil quesioner santri. Hasil ini menunjukkan bahwa buku pendidikan merupakan hal yang penting dalam proses belajar mengajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafshawati, Himmamihafshowati@gmail.comF52617199
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id.2025077402
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Bahan Ajar; Lectora; Keterampilan Membaca.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: himmami hafshawati
Date Deposited: 13 Nov 2020 06:45
Last Modified: 13 Nov 2020 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45013

Actions (login required)

View Item View Item