Dakwah Muslim Milenial: studi kasus dalam Akun Instagram @surabayahijrah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muflihah, Lina (2020) Dakwah Muslim Milenial: studi kasus dalam Akun Instagram @surabayahijrah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lina Muflihah_F52918017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai dakwah muslim milenial Surabaya sebagai content creator dalam akun @surabayahijrah. Peluang, manfaat dan tantangan dalam dunia maya mengharuskan pegiat dakwah membuat strategi baru dalam berdakwah. Penggunaan dunia maya, khususnya sosial media, dalam berdakwah merupakan suatu bentuk integrasi sekaligus interkoneksi antara ajaran agama Islam dengan teknologi komunikasi dan informasi. Penelitian ini berfokus pada strategi, pelaksanaan dan hasil dakwah yang dilakukan content creator akun @surabayahijrah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pisau analisis teori komunikasi dakwah yang didampingi oleh teori analisis isi pesan. Data-data dikumpulkan melalui proses analisis deskriptif dan ditulis secara naratif sesuai temuan penelitian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama terdapat empat strategi utama yang digunakan content creator dalam akun @surabayahijrah. Keempat strategi terkait ditemukan dalam pemilihan tema, penulisan caption, pemilihan foto dan penggunaan simbol. Kedua, pelaksanaan dakwah muslim milenial dalam akun @surabayahijrah meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan, aksi dan evaluasi. Ketiga, hasil pelaksanaan dakwah muslim milenial dalam akun @surabayahijrah adalah terciptanya dakwah kreatif melalui beragam konten.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muflihah, Linalinamuflihah@gmail.comF52918017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Keywords: Dakwah; Muslim Milenial; Social Media.
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: lina muflihah
Date Deposited: 11 Dec 2020 11:19
Last Modified: 11 Dec 2020 23:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45061

Actions (login required)

View Item View Item