الاستفهام في مسرحية "قطط وفيران" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Mentari Chandra (2020) الاستفهام في مسرحية "قطط وفيران" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mentari Chandra Pratiwi_A01216034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Istifham mempunyai definisi yaitu meminta informasi yang belum diketahui sebelumnya. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji tentang istifham dalam Drama “Kucing dan Tikus” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Rumusan masalah dalam penelitian ini dikemukakan terdapat dua rumusan masalah, yaitu: Apa saja alat (adawat) istifham dalam Drama “Kucing dan Tikus” Karya Ali Ahmad Bakatsir dan Apa saja makna (ma’ani) istifham dalam Drama “Kucing dan Tikus” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian Balaghah. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat dalam bentuk kutipan percakapan drama “Kucing dan Tikus” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Hasil dari analisis Istifham dalam dalam Drama “Kucing dan Tikus Karya Ali Ahmad Bakatsir terdapat 33 data yang mengandung alat (adawat) istifham diantaranya, sebanyak 7 data dalam huruf hamzah, 2 data dalam huruf hal, 7 data dalam huruf ma, 4 data dalam huruf man, 2 data dalam huruf mata, 4 data dalam huruf ayna, 2 data dalam huruf kayfa, 2 data dalam huruf kam, 3 data dalam huruf ayyu. Adapun jumlah data yang mengandung makna (ma’ani) istfham terdapat 27 data diantaranya, atanbihu a’la khoto’ terdapat 4 data, at-taqrir terdapat 4 data, istiba’du terdapat 4 data, at-taswiq terdapat 5 data, at-tahkim terdapat 2 data, at-tahwil terdapat 3 data, amr terdapat 1 data, at-tahqir terdapat 2 data, at-ta'dim terdapat 2 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Mentari Chandramentarichandrap@gmail.comA01216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Ahmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Adab
Budaya - Agama
Budaya
Keywords: Istifham; Drama “Qithat wa Firan”; Ali Ahmad Bakatsir; Kucing dan Tikus.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mentari Chandra Pratiwi
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:09
Last Modified: 23 Nov 2020 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45191

Actions (login required)

View Item View Item