(السجع في سورتي النازعات وعبس (دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Faiz Utrujjatun (2020) (السجع في سورتي النازعات وعبس (دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiz Utrujjatun Zahro_A01216016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-qur’an adalah kitab suci umat islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. Keistimewaan dalam Al-quran yaitu mempunyai bentuk keindahan bahasa sangat luar biasa, dari segi susunan bahasa secara makna maupun lafadz. Salah satu keindahan bahasa Al-quran adalah sajak. Sajak merupakan bentuk seni bahasa yang terdapat dalam kajian ilmu balaghah khususnya ilmu badi’. Menurut pengertian sajak dalam ilmu balaghah adalah kesamaan dua huruf akhir pada dua fasilah atau lebih dalam bentuk prosa atau syair. Sajak dibagi menjadi 3 bagian, yaitu: (1) Dua kalimat atau lebih yang memiliki taqfiyah dan wazan yang sama disebut saja’ mutawazi, (2) Dua kalimat atau lebih yang memiliki taqfiyah yang sama dan wazan yang berbeda disebut saja’ mutharaf, (3) Dua kalimat atau lebih yang memiliki seluruh susunan kalimat yang sama, baik dari segi jumlah kalimat, taqfiyah, maupun wazan disebut saja’ muroso’. Penelitian ini membahas tentang Sajak dalam Al-qur’an khususnya Surat An-Nazi’at dan ‘Abasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan pembagian jenis sajak yang terdapat pada ayat-ayat surat An-Naziat dan ‘Abasa. Surat An-Naziat merupakan surat ke-79 dari al-qur’an yang diturunkan di Mekkah disebut Makiyyah dengan jumlah 46 ayat, dan surat ‘Abasa merupakan surat ke-80 diturunkan di Mekkah dengan jumlah 42 ayat. Sebuah penelitian memerlukan metode sehingga peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang mengidentifikasikan, menganalisis, mendeskripsikan data. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat-kalimat yang mengandung bentuk sajak dan jenisnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah Surat An-Naziat dan Abasa. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian, antara lain: (a) membaca surat An-Naziat dan ‘Abasa. (b) memehami isi kandungan dalam surat An-Naziat dan ‘Abasa. (c) mengetahui data berupa kata yang mengandung bentuk sajak. (d) mengelompokkan data sesuai jenis sajak. (e) menganalisis data yang diperoleh. (f) selanjutnya menyimpulkan hasil dari penelitian. Data yang diperoleh dari surat An-Naziat dan ‘Abasa yaitu 30 data berupa bentuk sajak. Kemudian menurut jenis pembagian sajak, 12 data termasuk saja’ mutawazi, 17 data termasuk saja’ mutharaf, dan terakhir 1 data termasuk saja’ muroso’.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Faiz Utrujjatunutrujjzahro2389@gmail.comA01216016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Subjects: Adab
Al Qur'an
Sastra
Keywords: Sajak; Surat An-Naziat; Surat ‘Abasa.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Faiz Utrujjatun Zahro
Date Deposited: 02 Dec 2020 09:09
Last Modified: 02 Dec 2020 09:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45302

Actions (login required)

View Item View Item