العناصر الداخلية فى القصة القصيرة "الجو بارد" لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimah, Libasil (2020) العناصر الداخلية فى القصة القصيرة "الجو بارد" لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Libasil Muslimah_A91216076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Najib Al-Kailani adalah seorang sastrawan Mesir. Yang mempunyai nama lengkap Najib bin Ibrahim bin Abdul Latif Al-Kailani. Lahir di Syarsyabah pada bulan Muharram 1350 H atau bulan julli 1931 M dan meninggal di Thantha pada bulan maret 1995 M arau bulan Syawal 1315 H. Setelah lamanya sakit yang ia derita. Ia juga mengarang berbagai macam ilmu baik dalam sastra atau ilmu yang lain. Seperti novel, cerita pendek, kumpulan syiir, drama, beberapa buku sastra. Setiap cerpen atau novel mempunyai dua unsur yakni unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur instrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri yang meliputi tema, tokoh penokohan, alur, latar dan amanat. Sedagkan unsur ekstrinsik adalah unsur yang terdapat pada pengarang atau penulis seperti sosial budaya, agama dll. Namun disini peneliti hanya menganalisis tentang unsur instrinsik yang ada didalam cerpen “ Udara ini Dingin “ karya Najib Al-Kailani. Salah satu dari cerita-cerita pendek Najib Al-Kailani yaitu cerita atau kisah Udara ini Dingin yang dibahas dalam skripsi ini. Tema yang terdapat dalam cerpen ini adalah tentang materialisme yang mana seorang suami yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarga dan hanya mengandalkan hasil pekerjaan dari seorang istrinya. Tokoh disini terdapat dua tokoh sepasang suami istri yaitu Kamal dan Fatihah. Alur yang terdapat dalam cerpen ini adalah alur maju, karena dari awal hingga akhir ceritanya beruntun. Latar yang terjadi dalam cerpen ini hotel yang suasananya sepi. Amanat yang terdapat dalam cerpen ini yaitu seorang suami sebagai kepala keluarga, bertugas mencari nafkah untuk menghidupi istri dan keluarganya. Sedangkan seorang istri untuk mengurus suami dan keluarga. Namun hal tersebut tidak terjadi pada cerita yang ada dicerpen ini. Dan akhir dari cerita pendek ini iniadalah sang suami ( Kamal ) dibunuh oleh sang istri dan akhirnya mati. Jadi akhir cerita ini adalah Sad Ending.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimah, Libasillibasilmuslimah@gmail.comA91216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Unsur Instrinsik; Unsur Ekstrinsik: Najib Al Kailani.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Libasil Muslimah
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:42
Last Modified: 16 Dec 2020 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45369

Actions (login required)

View Item View Item