KONSELING PANTI ASUHAN DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PERILAKU ANAK DI PANTI ASUHAN AL-JIHAD SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Syifaul (2015) KONSELING PANTI ASUHAN DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PERILAKU ANAK DI PANTI ASUHAN AL-JIHAD SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Apasaja bentuk-bentuk penyimpangan yang terjadi di Panti Asuhan Surabaya?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam mengatasi penyimpangan perilaku anak di Panti Asuhan Al-Jihad Surabaya?, (3) Bagaimana hasil bimbingan dan konseling dalam mengatasi penyimpangan perilaku anak di Panti Asuhan Al-Jihad Surabaya?
Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif komparatif sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa. Analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil akhir dengan membandingkan bimbingan konseling Islam dengan langkah-langkah antara teori dan kenyataan di lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah mendapatkan konseling.
Proses bimbingan dan konseling Islam dalam menangani penyimpang perilaku anak adalah melalui beberapa langkah-langkah, yang pertama membuat struktur organisasi dimana dari salah satu anak-anak yang berada di Panti Asuhan menjadi penanggungjawab kegiatan, yang kedua membuat tata tertib dan sanksi bagi yang melanggar. Langkah-langkah tersebut dibentuk melalui konseling kelompok untuk memecahkan masalah penyimpangan yang terjadi di Panti Asuhan. Bentuk-bentuk penyimpangan yang terjadi di Panti Asuhan sangat banyak, tetapi peneliti hanya fokus empat bentuk penyimpangan yaitu tidak disiplin/ tidak berjama’ah, berbohong, mengghasab dan mencuri. Setelah terbentuknya struktur organisasi, tata tertib dan sanksi bagi yang melanggar, dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 75% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan sikap atau perilaku klien yang semula sering melakukan penyimpangan perilaku, tetapi sekarang sudah jarang melakukan penyimpangan perilaku dan anak juga semakin terbuka kepada Ustazahnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Santoso
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, SyifaulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Panti Asuhan
Keywords: Konseling; Panti Asuhan; Penyimpangan Perilaku
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2016 06:59
Last Modified: 09 Feb 2016 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4544

Actions (login required)

View Item View Item