Continuity and Change pemahaman makna hijrah pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yudha, Henry Tri (2020) Continuity and Change pemahaman makna hijrah pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Henry Tri Yudha_E21216076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hijrah adalah suatu fenomena yang sudah tidak asing bagi setiap orang khususnya masyarakat milenial. Seseorang yang berhijrah pada umumnya akan mengalami perubahan besar di hidupnya, mulai dari penampilan dan prilakunya. Bagi perempuan biasanya identik dengan berjilbab syar’i dan memakai cadar, sedangkan bagi laki-laki terlihat dari celananya yang cingkrang. Fenomena ini serupa dengan yang terjadi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, beberapa mahasiswi perempuan memakai busana yang tertutup dan menggunakan cadar, tidak jarang juga mahasiswa laki-laki yang berjenggot dan bercelana cingkrang. Penelitian ini hendak melihat hijrah dan perubahan-perubahan yang dialami oleh para pelaku hijrah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Fokus penelitian ini dengan melihat pemahaman makna hijrah bagi mahasiswa dan dari prilaku yang ditampilkan pada diri mereka setelah berhijrah. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama tujuh bulan dengan sejumlah enam informan yang berhijrah. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini mencoba meneliti mahasiswa yang berhijrah dengan teori continuity and change. Penelitian ini menemukan sejumlah motif yang menjadi latar belakang mereka yang memutuskan untuk hijrah yaitu dari dorongan masa lalu, dari serangkaian peristiwa yang pada akhirnya mereka memutuskan untuk merubah diri, dan juga karena pergaulan yang membentuk karakter mereka sebagai motivasi berhijrah. Dari motif yang melatarbelakangi mereka berhijrah kemudian diperoleh continuity and change makna hijrah di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, yang diimplementasikan dalam bentuk hijrahnya mereka seperti intensitas mengikuti kajian dan perubahan cara komunikasi yang mereka terapkan, mereka menjadi individu baru yang membentuk citra diri positif sehingga pandangan masyarakat juga ikut berubah menjadi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yudha, Henry Trihenrytriyudha@gmail.comE21216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Agama
Keywords: Continuity and Change; Makna Hijrah; Mahasiswa Hijrah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Henry Tri Yudha
Date Deposited: 13 Jan 2021 23:28
Last Modified: 13 Jan 2021 23:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45603

Actions (login required)

View Item View Item