العناصر الداخلية في رواية الكرنك لنجيب محفوظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afriliani, Jamiatin Edytias Nurfitri (2020) العناصر الداخلية في رواية الكرنك لنجيب محفوظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jamiatin Edytias Nurfitri Afriliani_A01217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil salah satu objek kajian sastra novel yang dikarang oleh sastrawan terkenal Najib Mahfud. Pada penelitian kali ini peneliti memilih salah satu karya beliau yang menjadi titik fokus dalam penelitiannya, yakni novel berjudul Al-Karnak atau dikenal dengan karnak kafe. Kafe inilah yang menjadi latar tempat paling dominan dalam cerita nantinya. Kafe ini berada di jalan al-Mahdi yang terletak di ujung jalan raya.Unsur intrinsik merupakan salah satu materi yang dikaji dalam ilmu sastra khususnya pada karya seperti cerpen dan novel. Ilmu sastra sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang segala macam terkait dengan sastra. Sedangkan sastra ialah teks yang berisikan suatu intruksi atau pedoman. Dalam karya sastra terdapat dua unsur yang tidak bisa dipisahkan, unsur itu ialah intrinsik dan ekstrinsik. Kali ini peneliti ingin membahas unsur intrinsik yakni, unsur yang membangun suatu cerita. Penelitian ini menggunakan ilmu sastra sebagai alat dalam mengupas tentang unsur intrinsik. Pada kajian inilah peneliti mempunyai dua rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa yang menarik dari cerita novel al-Karnak karya Najib Mahfud? 2) Bagaimana unsur intrinsik yang terkandung dalam cerita novel al-Karnak karya Najib Mahfud? Deskriptif kualitatif ialah metode yang digunakan, seperti halnya data yang diperoleh berupa bagian unsur intrinsik yang terdapat pada novel al-Karnak karya Najib Mahfud. Adapun tahap penelitiannya yakni dengan membaca dan memahami dari berbagai teori yang berkaitan dengan unsur intrinsik dalam novel, kemudian mengumpulkan data dari berdasarkan teori dan pembahasan, selanjutnya menyusun hasil penelitian secara sistematis dan terperinci sehingga dapat dipahami dan mudah dimengerti bagi para pembaca kedepannya.Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah peneliti membahas tentang lima bagian dari unsur intrinsik novel yaitu, 1) tema atau judul 2) tokoh 3) suasana cerita 4) alur cerita dan 5) isi/amanat cerita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afriliani, Jamiatin Edytias Nurfitrinurfitriafriliani17@gmail.comA01217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodiq, Muhammad Machfudgsseni@yahoo.com2016126903
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Najib Mahfudz; novel Al-Karnak; dan unsur intrinsik.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Jamiatin Edytias Nurfitri Afriliani
Date Deposited: 14 Jan 2021 15:51
Last Modified: 14 Jan 2021 15:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45604

Actions (login required)

View Item View Item