خصائص أنواع الخبر في كتاب تعليم المتعلم للشيخ الزرنوجي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Ika Nur (2021) خصائص أنواع الخبر في كتاب تعليم المتعلم للشيخ الزرنوجي. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Ika Nur Aini_A91217064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti memilih kitab ini untuk dijadikan sebagai objek karena kitab ini membahas keutamaan - keutamaan tata cara seorang siswa/santri dalam menuntut ilmu agar memperoleh ilmu yang bermanfaat dan berkah.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif karena data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode dokumentasi dengan mencari data-data pada kitab ta’lim yang berupa kata, kalimat maupun syair serta menjelaskan macam-macam khabar dalam kitab tersebut. Adapun beberapa hasil yang diperoleh oleh peneliti yaitu Khabar dalam kitab Ta'lim Muta'alim ada 114 Khabar. Sedangkan macam-macam Khabar yang terdapat dapat kitab Ta'lim Muta'alim yaitu khabar mufrad sebanyak 60 ( 3 mufrad jamid, 57 mufrad musytaq), Khabar jumlah sebanyak 32 ( 4 khabar jumlah ismiyah, 28 khabar jumlah fi'liyah), dan Khabar syibhu jumlah sebanyak 22 (21 khabar jar majrur dan 1 khabar dharaf madhruf)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Ika Nurikanura7@gmail.comA91217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Linguistik
Keywords: Ilmu Nahwu; Khabar; Kitab Ta'lim Muta'alim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ika Nur Aini
Date Deposited: 14 Jan 2021 16:17
Last Modified: 14 Jan 2021 16:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45607

Actions (login required)

View Item View Item