الإيجاز وأنواعه في سورة الشعراء (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuningtyas, Yayuk Nur (2021) الإيجاز وأنواعه في سورة الشعراء (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yayuk Nur Wahyuningtyas_A91217144.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-quran merupakan kitab yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad. Mengguakan bahasa arab yang mengandung susunan kalimat yang sangat indah. Namun dibalik keindahan susunan kalimat ayat-ayat Al-Quran ada beberapa ayat yang tidak sesuai dengan ilmu nahwu, yaitu dengan ringkasnya pelafalan ayat sehingga terkadang ada kata dan kalimat yang tidak disebutkan. Penyusunan kalimat ini sangat diperhatikan oleh para mufassir dalam mentafsiri ayat al-Quran supaya mengetahui maksud dari ayat tersebut. Salah satu ilmu yang membahas tentang itu adalah ilmu balaghah dalam bab ijaz. Ijaz sendiri merupakan pengungkapan kalimat yang ringkas namun memiliki makna luas melebihi kalimat itu sendiri. Ijaaz terbafi menjadi dua yaitu Ijaz Qhasr dan Ijaz Hadaf. 1). Ijaz qashr merupakan pengungkapan kalimat secara pendek tanpa mengurangi kata atau kalimat, sedangkan 2). Ijaz Hadaf merupakan pengungkapan kata dengan ada pembuangan sebagian kata atau kalimat. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan penelitiannya pada surat Asy-Syuara`. Menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana langkahnya adalah peneliti membaca surat Asy-Syuara dan menemukan ayat-ayat yang mengandung ijaz, kemudian mengelompokkan ayat-ayat tersebut.. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan ijaz qhasr 5 ayat dan ijaz hadzf 22 ayat. Dan ayat yang mengandung ijaz sejumlah 26 ayat yang terdiri dari 5 ayat ijaz qashr dan 21 ayat ijaz hadf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuningtyas, Yayuk Nurslametnurrokhim806@gmail.comA91217144
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Husein--2003015601
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Ijaz; asy syuara.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yayuk Nur Wahyuningtyas
Date Deposited: 14 Jan 2021 16:43
Last Modified: 14 Jan 2021 16:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45615

Actions (login required)

View Item View Item