تغيير الأوزان العروضية والقافية في شعر " يارسول الله و يانبي سلام عليك" للشيخ جعفر البرزنجي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susilo, Joko (2021) تغيير الأوزان العروضية والقافية في شعر " يارسول الله و يانبي سلام عليك" للشيخ جعفر البرزنجي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Joko Susilo_A01217023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan yang terdapat dalam pembahasan ini adalah: 1) wazan apa yang digunakan dalam syiir “yaa rasulullah dan yaa nabi salam alaika” karya syekh ja’far al-abrzanji? 2) bagaimana wazan arudl dalam syiir “yaa rasulullah dan yaa nabi salam alaika” karya syekh ja’far al-abrzanji? Apa qofiyah yang terdapat dalam syiir “yaa rasulullah dan yaa nabi salam alaika” karya syekh ja’dfar al-abrzanji?. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui wazan arudl dari berbagai perubahan dan qofiyah yang digunakan dalam syiir “yaa rasulullah dan yaa nabi salam alaika” karya syekh ja’far al-abrzanji. Teoti sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori objektif, yaitu dengan meneliti syiir “yaa rasulullah dan yaa nabi salam alaika” dari segi irama arudl (hasil pengulangan dari beberapa taf’ilah), perubahan yang terdapat didalamnya dan qofiyah (ujung kata yang terdapat didalam bait syiir). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian dalam Perubahan wazan irama dan sajak dalam syiir “yaa rasulullah” karya syakh ja’far al-barzanji bahwa pada syiir yaa rasulullah menggunakan bahar madid dengan dlorob mahdzuf makhbun. Adapun perubahan wazannya Zihaf khabn dan Zihaf syakl. Sedangkan Qafiyah yaitu berupa Setengah kata, Satu kata, Satu setengah kata, Dua kata. Adapun temuan hasil penelitian dalam Perubahan wazan irama dan sajak dalam syiir “yaa nabi salam alaika” karya syakh ja’far al-barzanji bahwa pada syiir yaa nabi salam alaika menggunakan bahar raml dengan Dlorb al-majzu’ as-shohihah dan Dlorb majzu’ musabbagh. Adapun perubahan wazannya Zihaf khabn dan illat tasy’its. Sedangkan Qafiyah yaitu berupa Setengah kata, Satu kata, Satu setengah kata. Dengan demikian syiir “yaa rasulullah dan yaa nabi salam alaika” karya syekh ja’far al-abrzanji termasuk memiliki nilai absuld (baik), karena meskipun bentuk wazan dan qafiyahnya sempurna , tetapi masih banyak mengandung perubahan, baik dalam irama ataupun wazannya maupun dalam sajak atau qafiyahnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susilo, Jokojoseellove2105@gmail.comA01217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Sastra
Keywords: Perubahan wazan arudl; qofiyah; syiir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Joko Susilo
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:15
Last Modified: 15 Jan 2021 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45638

Actions (login required)

View Item View Item