Analisis nilai-nilai akhlak dalam Film 99 cahaya di Langit Eropa dan Relevansinya dengan ajaran pendidikan akhlak di dalam Al Qur’an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifda, Rifda Safitri (2020) Analisis nilai-nilai akhlak dalam Film 99 cahaya di Langit Eropa dan Relevansinya dengan ajaran pendidikan akhlak di dalam Al Qur’an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifda Safitri_D01217028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan akhlak adalah Suatu proses perbuatan manusia yang ada di dalam diri manusia sehingga menjadi kepribadian yang akan muncul secara spontan bila diperlukan tanpa memerlukan pertimbangan berdasarkan Al-Qur’an dan As Sunnah. Pendidikan akhlak juga merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk 1) mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang ada di dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa 2) untuk mengetahui bagaimana relevansi nilai pendidikan akhlak dalam film 99 cahaya di Langit Eropa dengan ajaran penddikan akhlak di dalam Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, karena menghasilkan data deskriptif (data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library reseacrh) dengan menggunakan pendekatan semiotika dimana menggunakan tanda-tanda atau kode yang mempunyai makna tertentu di dalam film tersebut. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. dan teknik analisis data yang digunakan skripsi ini adalah analisis semiotik dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film 99 Cahaya di Langit Eropa adalah mengenai pendidikan akhlak kepada Allah SWT, Manusia meliputi (Akhlak kepada diri sendiri, keluarga, sesama muslim, non muslim, dan orang lain atau masyarakat. 2) Relevansi nilai Pendidikan akhlak dalam film “99 Cahaya di Langit Eropa” dengan ajaran pendidikan akhlak di dalam alqur'an adalah relevan. karena di dalam pendidikan akhlak terdapat pelajaran yang mencakup beberapa ruang lingkup akhlak yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada manusia meliputi (diri sendiri, keluarga, muslim, non muslim serta masyarakat) sehingga dapat dikatakan saling berhubungan, serta di dalam Al Qur’an dan juga terdapat pembahasan mengenai nilai-nilai ajaran pendidikan akhlak yang berhubungan dengan nilai pendidikan akhlak di film 99 Cahaya di Langit Eropa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifda, Rifda Safitririfdafitria1234@gmail.comD01217028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Muhammadfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Akhlak
Sastra
Film
Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak; Film ’99 Cahaya di Langit Eropa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifda Rifda Safitri
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:20
Last Modified: 22 Jan 2021 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45784

Actions (login required)

View Item View Item