Representasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Bad Genius: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Yana Arneta Kusuma (2021) Representasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Bad Genius: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yana Arneta Kusuma Wardani_B75217150.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang representasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Bad Genius. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang representasi nilai-nilai pendidikan karakter yang mengandung makna denotatif,konotatif, dan mitos. Untuk menganalisis dan mengkritisi representasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Bad Genius, peneliti menggunakan model analisis semiotika milik Roland Barthes dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam pendekatan ini peneliti menggambarkan variabel penelitian berupa pendidikan karakter yang tertuang di dalam scene dan untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan unsur Barthes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film Bad Genius yang terdiri dari 6 nilai pendidikan karakter yang dapat berguna untuk mengatasi krisis moral yang ada yakni : 1). Disiplin 2). Jujur 3). Peduli Sosial 4). Komunikatif 5). Mandiri 6). Bertanggung jawab.Penelitian ini terdapat rekomendasi untuk pembaca dan peneliti selanjutnya di harapkan agar dapat meneruskan dan menyempurnakan penelitian sehingga menemukan nilai pendidikan karakter yang lebih banyak di dalam Film Bad Genius.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Yana Arneta Kusumaarnetayana@gmail.comB75217150
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moham.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Pendidikan
Film
Keywords: Representasi; Pendidikan Karakter;Film; Analisis Semiotika.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yana Arneta Kusuma Wardani
Date Deposited: 29 Jan 2021 13:19
Last Modified: 29 Jan 2021 13:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46021

Actions (login required)

View Item View Item