Eksplorasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berkesetaraan gender dalam Buku Qiroah Mubadalah Karya Faqihuddin Abdul Kadir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Alfita Choirun (2020) Eksplorasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam berkesetaraan gender dalam Buku Qiroah Mubadalah Karya Faqihuddin Abdul Kadir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfita Choirun Amalia_D91216090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni (1) Mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan agama Islam berkesetaraan gender juga, (2) Menguraikan metode yang digunakan buku Qiroah Mubadalah karya Faqihuddin Abdul Kadir untuk menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis terkait isu-isu kesetaraan gender. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang mengumpulkan data dari berbagai literatur yang diteliti tidak terbatas pada buku-buku, tetapi juga bahan dokumentasi. Untuk pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan studi tokoh dengan mempertimbangkan integritas tokoh, kedalaman ilmu, serta keberhasialn bidang yang digeluti oleh tokoh. Sedangakan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu mencari atau menyelidiki data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Sedangkan analisis menggunakan content analysis yakni menguraikan sera memberikan pemahaman dari teks yang telah di deskripsikan, adapun teksnis analisa datanya menggunakan teknik hermeneutika, yang berangkat dari analisis bahasa kemudian melangkah pada analisis konteks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Berkesetaraan Gender dalam Buku Qiroah Mubadalah karya Faqihuddin Abdul Kadir antara lain: Nilai Tauhid (integritas), Nilai Persamaan, Nilai kemaslahatan dan, Nilai Pembebasan. Sehingga mempertegas bagaiamana Islam memanggil kedua belah relasi bukan satu sebagai perwakilan kesemuanya. (2) Metode yang digunakan Qiroah mubadalah dalam interpretasi teks keagamaan yakni, dengan menyapa dan menempatkan laki-laki secara eksplisit maupun implisit dalan satu teks untuk mempertegas kerja relasi dan realitas kehidupan yang lebih sportif, dan mutualistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Alfita Choirunfitacho17@gmail.comD91216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Nawawimnawawi@uinsby.ac.id2015045701
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammaadfahmi@uinsb.ac.id2106087701
Subjects: Gender
Islam dan Humanisme
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai-nilai pendidikan Agama Islam; Kesetaraan Gender; Qiroah Mubadalah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: alfita alfita
Date Deposited: 30 Jan 2021 02:46
Last Modified: 30 Jan 2021 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46031

Actions (login required)

View Item View Item