Stereotip perempuan dalam Film Habibie Ainun 3: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrochmah, Yustika Aini (2021) Stereotip perempuan dalam Film Habibie Ainun 3: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yustika Aini Arrochmah_B75217151.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stereotip perempuan merupakan fenomena yang banyak terjadi di masyarakat. Karena masih banyak stereotip terhadap perempuan yang terjadi di masyarakat, menjadikan fenomena tersebut sebagai inspirasi untuk mempresentasikan tindakan stereotip perempuan dalam sebuah film, salah satunya adalah film Habibie Ainun 3. Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggambaran stereotip perempuan dalam film Habibie Ainun 3. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan melihat penggambaran stereotip perempuan dalam film Habibie Ainun 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Habibie Ainun 3, stereotip perempuan terbentuk dari budaya masyarakat sendiri, terdapat bentuk-bentuk stereotip perempuan dalam film Habibie Ainun 3, seperti (1) Stereotip perempuan lemah, (2) Stereotip perempuan sebagai minoritas, (3) Stereotip Perempuan Tidak Boleh Sekolah Tinggi, (4) Stereotip perempuan sebagai korban, (5) subordinasi perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrochmah, Yustika Ainiyustika.aini@gmail.comB75217151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgoes, M. Moefadam.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Pemberdayaan > Perempuan
Film
Keywords: Stereotip Perempuan; Film; Semiotika Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yustika Arrochmah
Date Deposited: 11 Feb 2021 05:56
Last Modified: 11 Feb 2021 05:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46076

Actions (login required)

View Item View Item