العناصر الداخلية في مسرحية " الأيدي الناعمة " لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alu, Sri Utami Devy (2021) العناصر الداخلية في مسرحية " الأيدي الناعمة " لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Utami Devy Alu_A91217141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Drama dalam kesusastraan Arab disebut dengan masrohiyah, tidak jauh berbeda dengan seni drama di negara-negara lain, seni drama di negara-negara Arab juga mengisahkan sebuah cerita melalui dialog-dialog kemudian ditampilkan atau dipentaskan diatas panggung. Salah satu tokoh sastrawan Arab moderen yang banyak menulis naskah drama adalah Taufiq al-Hakim, Keindahan dan keunikan dari naskah drama yang ia hasilkan membuat peneliti tertarik untuk meneliti salah satu dramanya yang berjudul soft hands atau Al-aydi an-na'imah.
Penelitian ini ditulis untuk menganalisis unsur intrinsik pada naskah drama "al aydi an-na'imah" karya Taufiq Al-hakim. Objek penelitian ini adalah naskah drama al aydi an-na'imah" kemudian objek ini diteliti dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, Penelitian kalitatif bersifat observatif dan biasanya data yang disajikan berupa kata-kata.. Hasil penelitian berupa analisis unsur intrinsik dalam drama " al aydi an-na'imah" yang terdiri dari : (1) tema, (2) Alur atau atau plot, (3) Latar atau setting , (4) Tokoh dan penokohan, (5) Gaya bahasa dan (6) amanat. Kesimpulan dari hasil penelitian drama " al aydi an-na'imah" karya Taufiq Al-Hakim adalah : (1) tema : mengangkat kembali nilai bekerja (bekerja adalah suatu kehormatan, bekerja adalah kewajiban, bekerja adalah amanah) dan korelasinya dengan ilmu pengetahuan serta kehidupan sosial masyarakat Mesir. (2) Tokoh - tokoh dibedakan menjadi dua yaitu : tokoh utama dan tokoh tambahan . Tokoh utama adalah Pangeran Farid dengan watak arogan, pemelas dan pemarah. Selanjutnya Dr. Ali Hammouda dengan karakter/watak yang pintar namun kurang bisa memanfaatkan kepintarannya untuk mendapat pekerjaan. Tokoh pendamping dalam drama ini adalah : Mervat dengan watak dewasa dan penyayang, Jihan yang berwatak manja, Salim berwatak disiplin dan pekerja keras, Karimah berwatak keibuan dan dewasa, Abdul salam berwatak bijak, Penjual jagung berwatak pekerja keras, dan Penjual basbousa yang memiliki karakter sabar. (3) alur : struktur alur mengikuti alur maju. ( 3 ) latar dibedakan menjadi dua yaitu , latar tempat dan waktu . ( 4 ) Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama. (5) gaya bahasa yang digunakan dalam drama ini bermacam-macam seperti gaya bahasa hiperbola, maupun sinekdoke.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alu, Sri Utami Devysriutamidevyalu.25@gmail.comA91217141
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Achmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Sastra
Keywords: drama al aydi an na'imah;Taufiq Al Hakim; Masrohiyah; Drama bahasa Arab.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Devy alu
Date Deposited: 02 Feb 2021 22:20
Last Modified: 02 Feb 2021 22:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46143

Actions (login required)

View Item View Item