Pesan dakwah dalam film “Ajari Aku Islam”: analisis semiotika roland barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rianto, Eko Rio (2020) Pesan dakwah dalam film “Ajari Aku Islam”: analisis semiotika roland barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Rio Rianto_B01216013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesan Dakwah dalam Film “Ajari Aku Islam” (Analisis Semiotika Roland Barthes). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna mengkaji pesan dakwah yang tersimpan dalam film Ajari Aku Islam, dinilai dari sisi pesan konotatif dan denotatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan kajian analisis teks. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: (1) Ketegori pesan dakwah yang terkandung dalam film Ajari Aku Islam, secara umum mencakup tiga nilai akidah, akhlak dan ibadah (syari’ah). Secara umum dalam makna konotatif dan denotatif film Ajari Aku Islam, mengajarkan prinsip hidup kebaikan dengan sandaran ajaran Islam. (2) Makna konotatif pesan Akidah, Akhlak, dan Syariah dalam Film Ajari Aku Islam. Misalnya dalam beberapa adegan pada film Ajari Aku Islam para tokoh mengejarkan perilaku yang santun, taat beribadah, sabar dan sikap lainnya. (3) Makna denotatif pesan Akidah, Akhlak, dan Syariah dalam Film Ajari Aku Islam. Tercermin dalam adegan film Ajari Aku Islam para tokoh dengan taat melaksanakan ibadah, dan perbuatan baik yang diajarkan oleh Agama Islam, seperti berhusnudzon,mentaati perintah Allah SWT, dan berdzikir. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Film, Analisis Semiotika Roland Barthes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rianto, Eko Rioekorioriantoofficial@gmail.comB01216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Alimalzis@yahoo.com2009065701
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Film
Keywords: Pesan Dakwah; Film; Analisis Semiotika Roland Barthes.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: eko rio rianto
Date Deposited: 03 Feb 2021 21:53
Last Modified: 03 Feb 2021 21:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46181

Actions (login required)

View Item View Item