Representasi pesan moral dalam film "the theory of everything": analisis semiotik Charles Sanders Peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akmaliah, Adibah (2021) Representasi pesan moral dalam film "the theory of everything": analisis semiotik Charles Sanders Peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adibah Akmaliah_B05217003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pesan moral direpresentasikan dalam film “The Theory Of Everything”. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis teks media, yang menggunakan pendekatan kritis yang membantu memberikan fakta dan data kemudian menggunakan model analisis semiotik Charles Sanders Peirce untuk menganalisis data. Dimana analisis semiotic model Charles Sanders Peirce menganalisis menggunakan teori segitiga yaitu, tanda, objek, dan interpretant. Dari hasil penelitian ini maka ditemukan pesan moral religius, yaitu mengajarkan arti ketulusan, mengajarkan arti kesabaran, menggambarkan perilaku pantang menyerah, menggambarkan sifat yakin (optimis), mengajarkan arti keikhlasan. Dimana pesan moral tersebut merupakan gambaran realitas kehidupan masyarakat yang divisualkan oleh director dalam membuat film. Dari hasil kesimpulan penelitian ini terdapat rekomendasi yang bisa diambil, yaitu dalam fil ini masyarakat bisa menerapkan pesan moral dalam kehidupan sehari hari, dalam memproduksi film hendaknya film yang menjelaskan pesan moral yang diutamakan, dan penelitian ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi mahasiswa khususnya mahasiswa ilmu komunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akmaliah, Adibahadiba.akmaliah@gmail.comB05217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Film
Keywords: Representasi Pesan Moral; Film; Analisis Semiotik Charles Sanders Perice.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Adibah Akmaliah
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:47
Last Modified: 04 Feb 2021 05:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46198

Actions (login required)

View Item View Item