Social capital dalam bisnis Tionghoa Muslim di Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifudin, Moh (2021) Social capital dalam bisnis Tionghoa Muslim di Kota Kediri. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MOH. SYARIFUDIN_F53317013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena strategi bisnis yang dilakukan oleh pengusaha Tionghoa muslim di Kota Kediri. Strategi pengelolaan bisnis Tionghoa umumnya mengandalkan “connections” dan hubungan “relationship.” Hubungan dan jaringan tersebut dipengaruhi oleh hubungan pribadi seperti keluarga, hubungan pertemanan, kemitraan, dan hubungan lain yang saling menguntungkan. Strategi tersebut banyak dipengaruhi oleh Konfusius sebagai agama dan filosofi yang diyakini oleh mayoritas etnis Tionghoa. Namun sebagai seorang muslim yang dalam ajarannya juga mengajarkan persaudaraan (ukhuwah/ brotherhood), tolong menolong (ta’awun) dan saling menannggung (takaful) adalah bentuk perwujudan dari potensi social capital dalam bisnis yang lebih luas dan universal. Sehingga penelitian ini berjudul “Social Capital dalam Bisnis Pengusaha Tionghoa Muslim di Kota Kediri”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana pemaknaan social capital pada bisnis pengusaha Tionghoa muslim di Kota Kediri?. 2. Bagaimana distingsi social capital dalam strategi pengelolaan bisnis pengusaha Tionghoa muslim di Kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan kunci yaitu pengusaha Tionghoa muslim di Kota Kediri dan informan pendukung beberapa tokoh yang terlibat langsung dan mengetahui tentang pengelolaan dan strategi bisnis pengusaha Tionghoa di Kota Kediri. Wawancara mendalam kepada informan, observasi di lokasi serta dokumentasi adalah teknik penggalian data penelitian ini. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik fenomenologis yang terdiri dari pengelompokkan data, reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menemukan dua hal penting, yaitu: 1. Makna social capital dalam bisnis pengusaha Tionghoa muslim di Kota Kediri adalah manivestasi dari ajaran Konfucius tentang etika hubungan horizontal yang disebut dengan guanxi. Guanxi dimaknai sebagai pendekatan strategi dalam sosial temasuk bisnis yang humanis, sosiologis, bernilai kebajikan dan kebijaksanaan. Etika ini berfungsi sebagai alat pemecahan masalah dalam bisnis yang anti parokialisme dan etnosentris, menjaga trust, martabat, reciprocal obligation dan menjunjung tinggi solidaritas dan tolong menolong. Sebagai seorang muslim mereka juga memanivestasikan ajaran ukhuwah yang disebut seduluran atau asabiah. As}abiah terkandung makna persaudaraan dengan soldaritas komunitas muslim dan sesama umat manusia. Sehingga jika digabungkan makna social capital dalam bisnis sebagai Tionghoa muslim disebut ukhuwah iqtisadiah. Ukhuwah iqtisadiah adalah penggabungan etika guanxi dan as}a>biah sebagai stategi bisnis dengan pendekatan sosiologis, dengan trust sebagai sebagai pondasinya, network sebagai infrastrukturnya dan reciprocity sebagai pola operasionalnya berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam dan filosofi Konfusius. 2. Distingsi social capital dalam bisnis pengusaha Tionghoa muslim di Kota Kediri adalah pendekatan strategi ukhuwah iqtisadiah yang humanis, dan sosiologis berbeda dengan kapitalis yang lebih mengedepankan individualis dan pasar sebagai acuannya. Dengan pendekatan strategi bisnis ukhuwah iqtisadiah menjamin terjaganya trust, reciproalitas obligation, network dan sejalan dengan ajaran dan nilai-nilai agama, sehingga aktifitas bisnis menjadi efektif, efisien dalam organisasi dan manajemen, low risk, adaptif terhadap perkembangan, kondusif dan terjaganya sustainbilitas dalam bisnis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifudin, Mohmsyarifudin4@gmail.comF53317013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com2014057001
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Bisnis
Sosiologi
Keywords: Social Capital, Strategi Bisnis, Muslim Tionghoa.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moh Syarifudin
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:34
Last Modified: 05 Feb 2021 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46202

Actions (login required)

View Item View Item