Formulasi strategi pembinaan Remaja Masjid Al-Falah Kelurahan Latsari Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Komariyah, Yayah (2021) Formulasi strategi pembinaan Remaja Masjid Al-Falah Kelurahan Latsari Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yayah Komariyah_B94217074.pdf

Download (824kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Remaja Masjid Al-Falah melakukan proses penyiapan rencana strategi dalam pembinaan remaja masjid dan untuk mengetahui isi dari perencanaan strategi pembinaan remaja masjid tersebut. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam bingkai teori formulasi strategi. Data-data digali secara mendalam dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut. Pertama, dalam proses penyiapam rencana strategi, Remaja Masjid Al-Falah menggunakan analisis lingkungan eksternal terlebih dahulu, merumuskan visi untuk jangka lima tahun ke depan, musyawarah oleh badan pengurus harian remaja masjid kemudian musyawarah bersama semua devisi organisasi dan berdoa bersama. Kedua, isi perancanaan strategi pembinaan remaja masjid antara lain adanya perumusan target program kegiatan, pengukuran pencapaian program kegiatan dan pengembangan kegiatan dengan menambah program kegiatan baru. Saran yang dikemukakan adalah perlu adanya aspek peninjauan ulang misi, supaya misi tetap akurat sesuai dengan zaman, sehingga arah organisasi untuk mencapai visi bersifat fleksibel. Selain itu, studi ini membutuhkan penelitian lanjutan dalam membahas implementasi strategi pembinaan Remaja Masjid Al-Falah Kelurahan Latsari, Tuban.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Komariyah, Yayahyayah.komariy14@gmail.comB94217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulahmad_khairul_hakim@yahoo.com2030127501
Subjects: Manajemen
Manajemen Dakwah
Manajemen Strategi
Keywords: Formulasi Strategi; Pembinaan Remaja Masjid.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Yayah Komariyah
Date Deposited: 09 Feb 2021 13:13
Last Modified: 09 Feb 2021 13:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46329

Actions (login required)

View Item View Item