Studi Al Dakhil tafsir Djuz 'Amma Al-Abraar karya Mustafa Baisa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chamidah, Sakinah (2021) Studi Al Dakhil tafsir Djuz 'Amma Al-Abraar karya Mustafa Baisa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sakinah Chamidah_E03214021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar Mustafa Baisa banyak memberikan penjelasan dan keterangan yang bernilai ketakwaan, namun di dalamnya Baisa memasukkan riwayat tanpa menyebutkan sanad yang utuh juga memasukkan ilmu-ilmu modern yang dimilikinya dalam menafsirkan sebuah ayat. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung penafsirannya. Berangkat dari pemaparan itulah maka perlu dilakukan adanya penelitian mengenai al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma Al-Abrar karya Mustafa Baisa. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah Bagaimana al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar? Bagaimana Implikasi al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar?. Tujuan penelitian ialah untuk menganalisis al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar dan untuk mengetahui implikasi adanya al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pustaka (Library Research) yaitu penelitian yang berbasis pada kepustakaan baik dari berupa buku, jurnal serta artikel ataupun bacaan yang lainya. Dalam hal ini yaitu Tafsir al-Abrar.Hasil Penelitian yang terdapat pada penelitian ini adalah Al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar diantaranya adalah al-Dakhil melalui riwayat hadis Dhoif, al-Dakhil melalui Israiliyat, al-Dakhil bi al-Ra’yi dalam unsur menonjolkan sisi kemukjizatan al-Qur’an terutama di bidang ilmu pengetahuan. Al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar terdapat beberapa faktor, diantaranya ialah subjektifitas mufassir, kurangnya usaha dalam mencari sumber atau riwayat-riwayat yang shahih, kekurang hati-hatian dalam mengambil riwayat, menafsirkan dengan menggunakan Isroiliyat, kekurangan pengetahuan tentang materi uraian pembicaraan suatu ayat Tidak memperhatikan konteks, baik asbabun nuzul, hubungan antar ayat, maupun kondisi sosial masyarakat. Tidak memperhatikan siapa pembicara dan terhadap siapa pembicaraan ditunjukan. Implikasi al-Dakhil dalam Tafsir Djuz ‘Amma al-Abrar termasuk dalam Tafsir bi al-Ra’yi mahmudah adalah karena alasan yaitu Isroiliyat yang diambil Mustafa Baisa tidak termasuk israiliyat yang jelek. Hanya masuk dalam isroiliyat yang maskut anh, meriwayatkan isroiliyat yang tidak bertentangan, secara lughoh atau bahasa, Baisa dalam tafsir nya selalu menggunakan akal nya tetapi tidak pernah bertentangan dengan nilai-nilai Islam, secara akidah, tidak ditemukan sisi-sisi golongan bid'ah, begitu juga tidak memaknai suatu ayat dengan pemaknaan filosofis. Melihat terhindarnya tafsir Mustafa Baisa dari kriteria tersebut, maka Tafsir Djuz ‘Amma Al-Abraar masih tergolong dalam Tafsir bi al-Ra'yi Mahmudah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chamidah, Sakinahsakinahchamidahsby@gmail.comE03214021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulumamikhoirul93@yahoo.co.id0001614
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir Al Qur’an; Ad Dakhil; Juz Amma Al Abraar.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: SAKINAH CHAMIDAH
Date Deposited: 18 Feb 2021 12:08
Last Modified: 18 Feb 2021 12:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46551

Actions (login required)

View Item View Item