المحسنات اللفظية و المعنوية في المقامات الدينارية لأبي محمد القاسم الحريري (دراسة تحليلية بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Nurul (2021) المحسنات اللفظية و المعنوية في المقامات الدينارية لأبي محمد القاسم الحريري (دراسة تحليلية بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Islamiyah_A91217130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keindahan Lafadz dan Makna Dalam Maqamat Ad-Dinariyah Karya Abu Muhammad Al-Qasim Al-Hariri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja macam-macam muhassinat lafdziyah dan maknawiyah yang ada dalam maqomat Al-Hariri dan penulis juga ingin membuktikan bahwa dalam sastra arab terdapat keindahan makna dan keindahan lafadz salah satu keindahan lafadz dan makna tersebut terdapat dalam maqamat Ad-Dinariyah karya Al-Hariri ini. Penulis memilih maqomat yang dijadikan sebagai sumber data dari penelitian ini dikarenakan dalam maqomat ini sebelumnya tidak ditemukan penelitian yang membahas tentang Maqomat ad dinariya ini. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yaitu menganalisis teks maqamat Ad-Dinariyah karya Al-Hariri dengan cara mengelompokkan dan mengidentifikasikaan kalimat-kalimat apa saja yang termasuk dalam jinas, thibaq, tauriyah, dan saja' Sehingga penulis dapat dengan mudah menentukan kalimat tersebut termasuk dalam jenis Muhassinat lafdziyah dan maknawiyah apa. Langkah-langkah dalam menganalisis maqomat tersebut yaitu pertama terlebih dahulu harus mengetahui makna dan maksud dalam kalimat tersebut, kemudian mengumpulkan kalimat mana saja yang termasuk dalam muhassinat lafdziyah dan maknawiyah kemudian mengidentifkasi kalimat tersebut dan menganalisisnya. Setelah melakukan penelitian penulis menemukan beberapa unsur keindahan lafadz dan makna yang ada dalam maqomat Ad-Dinariyah diantaranya ditemukan nya Jinas, Saja’, Tauriyah dan Thibaq. Ditemukannya macam-macam bentuk jinas goiru tam dalam maqomat Ad-Dinariyah diantaranya Jinas Naqis, Jinas Mudhori’, Jinas Qalb, Jinas Lahiq, Jinas Mutlaq, Jinas, Jinas Muharraf dan Jinas Lafdzi. Ditemukannya Saja’ Al-Mutharraf dan Saja’ Al-Mutawazi. Ditemukannya Tauriyah Murasyahah dan Mujarradah dan ditemukannya Thibaq Ijab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Nurulnurulislamiyah14@gmail.comA91217130
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauhar, Nasaruddin Idrisnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Keywords: Macam-macam muhassinat lafdziyah; Maqamat Ad Dinariyah; Al-Hariri .
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nurul Islamiyah
Date Deposited: 23 Feb 2021 10:41
Last Modified: 23 Feb 2021 10:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46579

Actions (login required)

View Item View Item