العناصر الداخلية في مسرحية "أغلى من الحب" لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Ninik Masfiyatul (2021) العناصر الداخلية في مسرحية "أغلى من الحب" لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ninik Masfiyatul Hidayah_A91217126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan dalam penelitian ini adalah unsur intrinsik yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, setting, gaya bahasa serta amanat. Drama ini terdiri dari tiga babak dan 14 adegan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apa saja unsur intrinsik yang terdapat dalam drama Aghla Min al-Hubb karya Ali Ahmad Bakatsir?”. Untuk dapat memenuhi jawaban dari permasalahan diatas peneliti menggunakan teori metode deskriptif kualitatif, sumber data peneliti adalah naskah drama Aghla Min al-Hubb. Hasil dari penelitian ini meliputi 1 tema perkembangan Islam, manusia dan kehidupan dari kebanyakan manusia modern yang mengalami krisis spiritual serta gangguan kecemasan psikologis., 7 tokoh dan penokohan yang terdiri dari 1 tokoh utama yaitu Hamid, dan 6 tokoh tambahan terdiri dari Ibtasam, Mahmud, Salim, Fatimah, Khadijah dan Zainab. 1 alur yaitu alur maju, 9 latar tempat dan 4 setting waktu. Terdapat 6 gaya bahasa yaitu kalam insyai thalabi, kalam khabari, jinas ghoiru tam, tashbih, qosam (sumpah) dan tiqror (pengulangan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Ninik MasfiyatulNinietuutul97@gmail.comA91217126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Sastra
Keywords: Unsur-Unsur Intrinsik; Teks Drama Aghla Min Al-Hubb; Ali Ahmad Bakatsir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: ninik masfiyatul hidayah
Date Deposited: 22 Feb 2021 09:43
Last Modified: 22 Feb 2021 09:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46606

Actions (login required)

View Item View Item